Home / Artikel / About Her / Sosialisasi Kekerasan Dalam Pacaran Melalui HelpNona

Sosialisasi Kekerasan Dalam Pacaran Melalui HelpNona

by Nurul Wahyuning Minggu, 21 May 2017 12:30 477 - About Her

bg-reg

Halo perkenalkan... Nama saya Nike Nadia. Saya anak pertama dari 4 bersaudara. Saat ini saya sedang menempuh pendidikan magister dengan program studi Gender Studies di Universitas Indonesia berkat dukungan Beasiswa Unggulan Pegiat Sosial dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Selain menjalankan studi, saya juga aktif menjadi relawan di unit pengaduan bagi kasus kekerasan berbasis gender di salah satu lembaga negara. Saya juga menginisiasi sebuah inisiatif sosial yang bertajuk HelpNona.
 
Saya berinisiatif membuat HelpNona di akhir tahun 2015. Saat itu, saya mendapat banyak pertanyaan dari teman-teman saya tentang problematika dalam pacaran yang ternyata mengarah pada bentuk relasi pacaran berkekerasan. Mereka umumnya curhat atau bertanya pada saya karena mengetahui saya menjadi relawan di unit pengaduan untuk kasus kekerasan terhadap perempuan.
 
Image and video hosting by TinyPic
 
 
Dalam perjalanannya, saya menyadari bahwa banyak perempuan muda ragu untuk mengakses lembaga layanan karena beberapa alasan, misalnya saja karena tidak memahami bahwa bentuk kekerasan dalam suatu relasi pacaran tidak selalu harus dalam bentuk luka fisik. 
 
"Nik, aku gak tau nih ya ini kekerasan apa bukan. Soalnya aku gak sampai dipukul. Cuma pacarku itu pegang semua password social media dan emailku. Dia marah banget kalau tahu aku ngobrol sama cowok"
 
Selain itu, banyak sekali yang merasa takut atau malu bila bercerita langsung pada orang-orang di sekitarnya. Melihat gambaran tersebut, saya merasa bahwa akan baik sekali jika ada sebuah kanal informasi yang bisa diakses teman-teman di ranah online terkait isu kekerasan dalam pacaran. Harapan saya saat itu sederhana, kalau ada orang ingin mencari informasi apakah relasi pacarannya sehat atau tidak, bagaimana cara mengakses lembaga layanan, mereka bisa menemukan informasinya via internet sebagai pertolongan pertama. Tujuannya agar mereka memiliki wawasan baru dan akhirnya berani mengambil keputusan yang terbaik bagi dirinya di ranah kehidupan nyata. Jadi sebenarnya HelpNona itu bukan lembaga layanan.
 
Image and video hosting by TinyPic
 
Ide tersebut saya wujudkan dengan nama HelpNona, dengan pertimbangan bahwa website ini merupakan wadah self help perempuan muda jika ingin mencari informasi tentang relasi pacaran yang berkekerasan. Poin yang lebih penting adalah bahwa HelpNona melambangkan relasi kesalingan antar perempuan muda, mengingat HelpNona dibuat dari untuk dan oleh perempuan. Prinsip sisterhood menjadi sangat penting, meski laki-laki pun bisa pula turut ambil bagian dalam kegiatan HelpNona.
 
Di ranah online HelpNona terdiri dari website dan social media. Kami mencoba menyusun info kit dan beberapa publikasi lain seperti ebook gratis hingga kartu dukungan. Kamu juga bisa berdiskusi dengan tim HelpNona tentang isu kekerasan dalam pacaran, lho. Caranya cek di www.helpnona.com, ya..
 
Image and video hosting by TinyPic
 
Hal yang belum banyak diketahui teman teman adalah banyak kekerasan dalam pacaran tidak diukur oleh seberapa banyaknya luka fisik yang kamu dapat. Kekerasan dalam pacaran adalah tentang kontrol dan power dalam suatu relasi pacaran. Sederhananya, jika dalam relasi pacaranmu ada salah satu pihak yang menguasai atau mengontrolmu, mulai dari cara berpakaianmu sampai dengan siapa kamu berteman, mengontrol pengeluaranmu, atau bahkan mengontrolmu dengan ancaman kekerasan hingga kekerasan, maka kamu sudah berada dalam relasi pacaran yang berkekerasan. Konstruksi bahwa perempuan dilekatkan dengan nilai femininitas, seperti lemah lembut dan penurut turut serta melanggengkan bentuk-bentuk kekerasan bersamaan dengan faktor lainnya. Data terakhir tentang kekerasan dalam pacaran yang kubaca menyebutkan bahwa kekerasan dalam pacaran menduduki angka tertinggi  kedua dalam ranah kekerasan personal setelah KDRT. Lalu, angka kekerasan seksual dalam relasi pacaran pun tinggi juga loh.
 
Harapanku, HelpNona 5 tahun lagi tetap bisa berkontribusi positif pada teman-teman muda, misalnya saja dengan memiliki mekanisme diskusi yang lebih baik dan merespon dengan lebih cepat.
 
Image and video hosting by TinyPic




0 Comment




Welcome to the community

CeweQuat adalah forum online dan komunitas perempuan. Di sini kamu tidak hanya berjejaring dengan ribuan perempuan hebat lainnya, namun juga dapat mengekspresikan karya - karyamu. Bergabunglah untuk menjadi perempuan berdaya!
  959
  26/03/2017

Top Member

Indy Sumaryo

33
Melita Rahmalia

31
Jastitah Nurpadmi

4
Ferni Annisa

3
Sausa Monica

2

NEWSLETTER