Home / Artikel / About Her / Utari Retnaningtyas: Ajak Peduli Lingkungan Lewat Serdadu Semut

Utari Retnaningtyas: Ajak Peduli Lingkungan Lewat Serdadu Semut

by Jumat, 02 Jun 2017 15:51 311 - About Her

bg-reg

Halo saya Utari Retnaningtyas biasa dipanggil Tari, lahir di Jakarta, 13 April 1994. Anak ke 2 dari 2 bersaudara dari pasangan Suhardo dan Carolina Indah Wahyu. Saya kuliah di Perbanas Institute mengambil program Diploma Akuntansi Pajak tapi justru tertarik dengan segala hal yang berbau kreatif seperti kerajinan tangan, dekorasi dan desain. Saat ini saya fokus untuk membuka dan membesarkan galuhstore.com dan disela waktu senggang saya mengadakan aktivitas Serdadu Semut di lingkungan rumah.


Serdadu Semut adalah sebuah kegiatan bermain, belajar, dan berkarya untuk anak-anak usia 5-12 tahun dengan mengambil isu lingkungan. Serdadu Semut mencoba membuat lingkungan rumah menjadi lebih indah dan bebas dari sampah dengan mengolahnya menjadi berbagai kreasi dan aktivitas bermanfaat seperti menanam sayur. 


Kalau ditanya mengapa isu lingkungan? Saya pun bingung karena entah kenapa dari kecil sudah dekat dengan isu ini, saya dibesarkan di lingkungan dimana masih bisa main di sawah, kebon, dan sungai. Dari SD suka dengan kegiatan pramuka yang sering menginap di perkemahan dan punya peliharaan mulai dari ikan, ayam, sampai kucing. Jadi dari kecil sudah dekat dengan alam dan sensitif ketika melihat perubahan alam yang membawa dampak buruk bagi lingkungan. Ditambah minat membaca di isu ini membuat saya semakin sadar dan paham akan kerusakan lingkungan yang terjadi di Indonesia dan dunia.


Serdadu Semut dibuat berangkat dari kegelisahan melihat anak kecil yang jajan dan suka meminta plastik kresek lalu dengan mudahnya membuang plastik tersebut tanpa dia tahu  betapa sulit plastik yang dibuang untuk terurai. Ditambah saya memiliki lingkungan bertetangga yang cukup akrab dan dekat. Namun kita dipisahkan oleh komplek yang berada ditengah-tengah sehingga kita menjadi jarang bertemu. Lalu saya berfikir kenapa tidak saya mengumpulkan adik-adik kecil dan remaja di lingkungan sekitar rumah untuk menjalin silahturahmi agar tetap saling kenal sambil berbuat sesuatu yang mendatangkan manfaat, jadilah saya membangun Serdadu Semut. 


Tujuan dari Serdadu Semut sesederhana anak-anak mengenal dan mencintai lingkungannya sedari kecil dan tahu mana yang baik dan buruk bagi lingkungannya, dari situ dia paham dan muncul rasa peduli dengan lingkungan dan semoga dia bisa mengubahnya menjadi lebih baik.


Movement ini baru berjalan kurang lebih 4 bulan, yang bisa dibilang masih awam, kesulitan yang saya rasakan adalah dalam mencari partner yang benar-benar punya pemikiran sepaham dengan tujuan Serdadu Semut, karena walau sekarang banyak yang mendukung kegiatan ini, tapi saya masih belum menemukan partner yang pas.


Saat ini Serdadu Semut terdiri dari 24 anak dan remaja. Serunya mereka selalu menunggu-nunggu dan penasaran kegiatan Serdadu Semut selanjutnya, hal tersebut yang kerap menjadi bahan bakar saya untuk konsisten membuat Serdadu Semut selalu ada  2 kali setiap bulan.


Harapannya Serdadu Semut dalam 5 tahun lagi menjadi gerakan konsisten yang tidak hanya ada di lingkungan rumah saya saja tapi juga ada di lingkungan lain dan banyak melakukan kolaborasi dengan banyak komunitas. Amiin


Menurut saya hidup itu tentang berbagi kebaikan, saya percaya sekali sekecil apapun kebaikan yang kita bagikan ke orang lain akan menjadi benih kebaikan yang terus tumbuh di tempat lainnya. Jadi apa yang saya lakukan di Serdadu Semut semoga bisa membawa kebaikan lain di luar sana melalui adik-adik Semut. 


Buat saya, karir itu  apapun yang kamu lakukan setiap hari untuk menghasilkan karya. Keduanya saling berkesinambungan dan punya benang merah yang sama sehingga tujuannya akan menjadi jelas dan terarah. Pesan saya untuk perempuan di luar sana tentang karir dan karya, cobalah untuk kenali dirimu, lihat sekitarmu dan mulai coba ambil peran untuk membuat apapun itu menjadi lebih baik dan bermanfaat bagi banyak orang.

 


0 Comment




Welcome to the community

CeweQuat adalah forum online dan komunitas perempuan. Di sini kamu tidak hanya berjejaring dengan ribuan perempuan hebat lainnya, namun juga dapat mengekspresikan karya - karyamu. Bergabunglah untuk menjadi perempuan berdaya!
  955
  26/03/2017

Top Member

Indy Sumaryo

33
Melita Rahmalia

31
Jastitah Nurpadmi

4
Ferni Annisa

3
Dyani Ayu Aisyah

2

NEWSLETTER