Home / Artikel / About Her / One Hand a Thousand Hope

One Hand a Thousand Hope

by hanipah Sabtu, 12 Aug 2017 21:39 15 - About Her

bg-reg

Hiiiiiii teman-teman Cewe Quat! Nama saya han. Saya hanyalah perempuan dengan hobby shopping, makan, dan jalan-jalan. Aktivitas saya tersebut memang hanyalah membuang-buang waktu saja, ya seperti kebanyakan kaum milenial lakukan, terkadang terlalu hedonisme. Bersikap acuh dengan sekitarnya, bahkan berpura-pura tidak mendengar atau melihat. Tetapi terkadang kita harus sadar bahwa hidup tidak hanya tentang kita sendiri tapi tentang mereka. Disini saya mau berbagi informasi mengenai hal yang saya dapatkan dari kegiatan sosial yang sudah 2 tahun lebih saya ikuti. Kegiatan sosial yang tidak hanya mengedepankan berbagi tetapi juga memasukkan unsur anak muda. Kegiatan apa ya kira-kira itu namanya? Iya namanya adalah Geraseri. 

                                                                                       
Geraseri didirikan oleh salah satu perempuan muda di Jakarta. Ditengah hiruk-pikuk kota Jakarta, ternyata masih ada sosok jiwa muda yang memiliki jiwa sosial tinggi loh. Awalnya ia hanya ingin mempunyai waktu kumpul dengan teman-temannya dikarenakan mereka bersahabat LDR. Alasan lainnya adalah dia dan teman-temannya merasa sedih dengan apa yang dilakukan anak muda pada era sekarang, termasuk dia dan teman-temannya. Kebanyakan dari mereka terlalu sibuk bermain, ngegosip atau nongkrong berjam-jam yang sering kali tidak menghasilkan apa-apa. Mereka ingin melakukan perubahan, mereka ingin kumpul-kumpul mereka menjadi sesuatu yang bermanfaat. Akhirnya tercetuslah Geraseri.


Ide positif yang awalnya hanya untuk teman-teman terdekatnya saja. Tetapi lama-kelamaan kegiatan ini terus berkembang menjadi besar. Geraseri juga sudah memiliki struktur kepengurusan dan anggota geraseri ini sekarang tersebar di berbagai kota, ada yang di Jakarta, Bandung, Lampung, Surabaya dan kota-kota lainnya. Geraseri ini memang berbeda, karena misi mereka bukan hanya tentang donasi atau sedekah, tetapi pada anak muda. Dimana mereka menginginkan kepedulian anak muda dengan sekitarnya menjadi meningkat, dan tidak bersifat individualis.
Apa sih Geraseri itu sendiri? Geraseri merupakan singkatan dari Gerakan Seribu Sehari. Mengapa seribu? Karena sering kali uang seribu begitu diremehkan. Ketika uang seribu jatuh, kita kerap kali bersikap acuh, “yah Cuma seribu aja”. Tapi kalian tahu kah? Apabila per orang mengumpulkan uang seribunya sehari, maka dalam sebulan menjadi tiga puluh ribu. Jika kita ambil contoh, 20 orang yang mengumpulkan uang tersebut dalam sebulan, akan terkumpul sebesar Rp. 600.000. Uang tersebut dapat kita berikan kepada mereka yang membutuhkan. Jadi uang seribu yang telah dikumpulkan akan disalurkan melalui program-program kerja Geraseri.


Kini Geraseri telah berdiri selama 2 tahun. Banyak program-program kerja yang sudah dijalankan Geraseri selama ini. Apa saja program tetap tersebut? Yuk kita ulas sebagai berikut:

  1. Geraseri Berbagi Senyum
    Geraseri Berbagi Senyum, kita singkat menjadi GBS, merupakan gerakan yang diadakan setiap 3 bulan sekali. Dimana target gerakan ini adalah mereka yang masih memiliki semangat dan tekad ditengah keterbatasan yang mereka miliki. Donasi yang di berikan menyesuaikan kebutuhan target. Mereka juga pernah melakukan GBS bersama Veteran. Dari situ kami banyak belajar mengenai sejarah dan perjuangan membela negara Indonesia. Apabila di GBS ini tidak terlaksana (target yang di inginkan tidak sesuai), mereka biasanya melaksanakan program pengganti, seperti 17 Agustusan Geraseri dengan tema Geraseri Merdeka (Merayakan Dengan Edukasi).
  2. Geraseri Cepat Tanggap
    Geraseri Cepat Tanggap, yang disingkat menjadi GCT, merupakan gerakan yang berfokus apabila terjadi Bencana, seperti banjir, kebakaran, tanah longsor, dan lain-lainnya. Donasi yang disalurkan beragam, dapat berbentuk uang, sembako, bahan bangunan, pakaian, obat-obatan dan lain-lainnya yang sesuai dengan kebutuhan para korban. Biasanya para pengurus atau anggota Geraseri akan terjun langsung ke TKP, jika jarak dan tempat memungkinkan untuk didatangi. Kenapa terjun langsung? Agar mereka dapat berinteraksi langsung dan mencoba merasakan serta menghibur para korban.
  3. Gerakan 100 Anak Yatim
    Gerakan ini merupakan gerakan terbesar yang dimiliki Geraseri, dan diadakan hanya 1 kali dalam setahun. Kegiatan ini diikuti oleh 100 anak yatim yang di ambil dari berbagai tempat yang berbeda. Tempat pelaksanaannya setiap tahun akan dilakukan di kota –kota yang berbeda. Dalam kegiatan ini, tidak hanya berbagi tetapi mengedepankan unsur edukasi tetapi tetap fun. Acara ini biasanya diisi oleh pembicara dari berbagi profesi. Gerakan 100 anak yatim pernah diisi oleh Guest Star yang kece-kece, seperti presenter, psikolog, dokter, storyteller, finalist rising star, dan lain-lainnya. Donasi yang di berikan dalam kegiatan ini tidak hanya dalam bentuk uang, tetapi ada pula alat sekolah, snack dan hal-hal lainnya sesuai dengan kondisi yang ada.


Selain program-program diatas tersebut, Geraseri juga punya program-program lain, seperti Geraseri Berdongeng dan Buka Puasa Bersama. Selama 2 tahun berjalan, Alhamdulillah Geraseri selalu mengadakan buka puasa bersama dengan tema yang berbeda setiap tahunnya. Pada tahun 2015, Geraseri mengusung tema Geraseri Berbagi Doku dan Dona. Geraseri tidak hanya berbagi dalam bentuk dana/uang, tetapi kami juga memberikan donasi berupa buku. Pada tahun 2016, Geraseri mengadakan buka bersama dengan anak-anak jalanan dan kurang mampu, dan kegiatan ini juga diisi oleh storyteller. Nah tahun 2017 ini, Geraseri mengusung tema “Indahnya Ramadhan, Indahnya Kebersamaan” yang diadakan bersama 100 yatim dan Dhuafa.


Yuk untuk kamu semua, mari mengisi waktu disela kesibukanmu untuk tetap melakukan suatu kebaikan, melalui Geraseri. Yuk jadi pemuda yang kece karena #sedekahitukece dan sedekah tidak hanya tentang materi. Di geraseri kamu dapat mensedekahkan tenaga, pikiran dan waktu untuk menjadi sesuatu yang bermanfaat. Menjadi bermanfaat itu mudah loh, dengan mencurahkan ide yang kamu punya, sama saja kamu sudah memberikan donasi pikiranmu. Segala sesuatunya dapat dimulai dari hal yang kecil, untuk itu #ayosedekah karena #sedekahitukece. Let’s be useful youth!

 


0 Comment




Welcome to the community

CeweQuat adalah forum online dan komunitas perempuan. Di sini kamu tidak hanya berjejaring dengan ribuan perempuan hebat lainnya, namun juga dapat mengekspresikan karya - karyamu. Bergabunglah untuk menjadi perempuan berdaya!
  932
  26/03/2017

Top Member

Indy Sumaryo

33
Melita Rahmalia

26
Jastitah Nurpadmi

4
Ferni Annisa

3
Dyani Ayu Aisyah

2

NEWSLETTER