Home / Artikel / Career / Grogi Di Hari Pertama Masuk Kerja? Lakukan 10 Hal Ini Agar Memiliki Kesan Positif di Hari Pertama Kerja

Grogi Di Hari Pertama Masuk Kerja? Lakukan 10 Hal Ini Agar Memiliki Kesan Positif di Hari Pertama Kerja

by Indy Sumaryo Rabu, 26 Apr 2017 18:48 6557 - Career

bg-reg

Buat CeweQuat yang baru mulai memasuki dunia kerja, perasaan gugup atau deg-degan mungkin akan mengiringimu. Bukan berarti kamu yang pindah tempat kerja juga nggak merasakan hal yang sama. Selain gugup, perasaanmu pasti begitu meluap-luap dengan kegembiraan, terlebih lagi jika kamu diterima bekerja di perusahaan yang kamu impikan selama ini mengingat nggak sedikit perusahaan yang memiliki sistem kerja 1 tahun kontrak. Rasa gugup itu wajar kok dialami. Tapi jangan sampai hal tersebut merusak hari pertamamu di kantor baru ya, CeweQuat. Berikut ini 10 hal yang harus kamu lakukan saat hari pertama kerja agar memberi kesan yang positif kepada atasan dan rekan kerjamu :

 

 Penampilan Menarik

 

 

CeweQuat, suka atau nggak suka penampilan adalah hal pertama yang dinilai saat kamu bertemu dengan orang lain. Berpenampilan profesional akan memberikan kesan yang positif. Hindari berdandan yang berlebihan ya, CeweQuat. Memakai make up boleh saja, tapi berilah kesan natural yang akan membuatmu terlihat lebih profesional.

 

Datang Lebih Awal

 

 

Usahakan datang lebih pagi saat pertama bekerja di kantor baru. Datang 15 menit sebelum jam kerja itu membantumu untuk beradaptasi dengan suasana kantor sehingga kamu nggak perlu panik dan merasa gugup. Dengan baegitu atasan akan menilai kamu sebagai seseorang yang memiliki disiplin waktu yang baik.

 

Bersikap Ramah

 

 

 

Nggak semua orang mudah untuk bersikap ramah pada orang yang baru dikenal dan di tempat baru, tapi usahakan di kantor barumu ini untuk bersikap ramah. Ingat, kamu akan datang ke kantor dari senin sampai jumat dan akan bertemu dengan rekan kerja selama 5 hari tersebut, jika kamu bersikap sombong, akan susah rekan kerjamu untuk mendekatimu dan ini berakibat akan lingkungan kerja yang kurang nyaman. Mulai hari pertamamu dengan menunjukkan bahwa kamu pribadi yang ramah dan siap bersosialisasi dengan setiap orang di kantor ys, CeweQuat.

 

Menemui Atasan Langsung dan Kepala Departemen

 

 

 

CeweQuat, karyawan baru biasanya nggak langsung bekerja. Oleh karena itu, hal pertama yang kamu lakukan adalah menemui atasan langsung. Umumnya bagian HRD akan memperkenalkan kamu kepada atasan dan departemen lain. Salah satu tujuan menemui atasan langsung, kamu menunjukkan rasa hormatmu kepada atasan yang memang berperan besar pada penerimaanmu. Dengan segera menemuinya langsung, kamu telah menunjukkan siap berkerja sama dengan dia dalam mencapai sasaran kerjamu.

 

Berkenalan Dengan Teman-Teman Baru

 

 

Setelah menemui atasan-atasanmu, temuilah teman-teman kerja barumu. Kenalkan dirimu secara ramah. Jika perlu, tukaran nomor handphone atau minta foto bersama demi meningkatkan keakraban. Hal ini cukup penting karena bisa saja beberapa dari mereka akan menjadi bagian penting dalam proyek-proyek barumu.

 

Patuhi Peraturan

 

 

CeweQuat, setiap perusahaan memiliki peraturan yang berlaku. Pelajari dan patuhi peraturan tersebut, jangan sampai kamu melakukan kesalahan sepele seperti salah kostum atau terlambat. Kesan pertama sangat penting, sekali kamu menampilkan kesan buruk maka akan sulit bagimu untuk mengubahnya.

 

Menjauhlah Dari Media Sosial

 

 

CeweQuat, tentunya kamu bersemangat dengan kantor yang baru, seperti perasaan gugup, senang, bahkan nggak tahu yang harus dilakukan lagi karena belum banyak yang bisa kamu kerjakan di hari pertama. Namun, cobalah menahan diri untuk nggak mengunggah banyak hal tentang kantor barumu seperti memeriksa media sosialmu. Ini bukan berarti kamu nggak bisa mengakses internet, hanya saja menunggu waktu yang tepat dan menyesuaikan dengan kondisi lingkungan kerjamu.

 

Mencatat Apa Yang Baru Kamu Pelajari

 

 

 

Ketika kamu tiba di meja baru, ada kemungkinan alat-alat kerja yang dibutuhkan belum disiapkan di hari yang pertama. Biasakan untuk selalu membawa sendiri buku catatan kecil dan pulpen untuk menulis hal penting di hari pertama kamu bekerja. Jangan merasa malu untuk mencatat informasi yang mungkin saja akan kamu butuhkan di kemudian hari misalnya job desc atau password computer.

 

Tunjukkan Antusiasme

 

 

Di beberapa perusaaan, kamu sebagai anak baru, nggak ada orang yang akan mengajakmu berbicara. Ini berarti kamu yang harus mengajak bicara mereka duluan. Selalu ingat untuk perhatikan situasi saat berkomunikasi dengan rekan kerjamu, apakah dia sedang sibuk atau nggak. Pastikan juga nada bicaramu menunjukkan ketertarikan berkomunikasi dengan mereka.


Jaga Sikapmu

 

 

Langkah terakhir yang nggak kalah penting untuk diperhatikan adalah sikapmu. Selain dari nada bicaramu, tunjukkan antusiasmu melalui gestur tubuh. Dengan begitu berarti kamu semangat dalam menjalani pekerjaan barumu dan ini bisa menjadi nilai tambah di mata rekan kerjamu, CeweQuat.

 

Itulah 10 hal yang harus kamu perhatikan saat memulai hari pertama kerja. Berikan kesan yang positif demi melancarkan karirmu di masa yang akan datang. Ingat, hari pertama hanya sebagai langkah kecil di dalam tahapan karirmu. Tetap semangat bekerja ya!


0 Comment




Welcome to the community

CeweQuat adalah forum online dan komunitas perempuan. Di sini kamu tidak hanya berjejaring dengan ribuan perempuan hebat lainnya, namun juga dapat mengekspresikan karya - karyamu. Bergabunglah untuk menjadi perempuan berdaya!
  955
  26/03/2017

Top Member

Indy Sumaryo

33
Melita Rahmalia

31
Jastitah Nurpadmi

4
Ferni Annisa

3
Dyani Ayu Aisyah

2

NEWSLETTER