Home / Artikel / Career / Mau Belanja Tetapi Isi Dompet Tetap Aman? Yuk Simak Tips Belanja Cerdas Berikut Ini

Mau Belanja Tetapi Isi Dompet Tetap Aman? Yuk Simak Tips Belanja Cerdas Berikut Ini

by Eiffel Nindya Hapsari Sabtu, 29 Apr 2017 11:40 414 - Career

bg-reg

Rasanya hampir setiap orang pernah melakukan kegiatan berbelanja, ya? Terlebih bagi seorang perempuan, berbelanja bahkan dianggap sebagai sesuatu yang sangat melekat bagi mereka, karena rata-rata intensitas berbelanja para perempuan lebih tinggi daripada laki-laki. Namun, di saat berbelanja seringkali kita lupa diri sehinggga kita terkejut saat melihat total tagihan belanja yang membeludak. Tetapi jangan khawatir cewequat! Kalian bisa berbalanja dengan tenang dan isi dompet tetap aman kok! Berikut tipsnya.

1. The Most Important Thing Is Budget!

Anggaran belanja adalah hal terpenting agar dapat berbelanja degan cerdas. Tentukan dan siapkan penghasilan yang akan dialokasikan untuk berbelanja. Pisahkan antara anggaran untuk berbelanja dengan anggaran untuk keperluan lain. Tujuannya adalah agar anggaran belanja tidak mengganggu atau tercampur dengan anggaran lain.

2. Make A List!

Berdasarkan anggaran belanja, buatlah daftar belanjaan. Dalam membuat daftar belanja, utamakan terlebih dahulu barang yang benar-benar cewe quat butuhkan, bukan yang diinginkan. Daftar belanja dapat menghindari dari membeli barang yang tidak perlu, menghemat waktu saat berbelanja, menghemat tenaga, dan tentunya menghemat biaya. Ingat ya, daftar belanjaan akan lebih dirasakan manfaatnya jika kita disiplin dalam membeli barang yang sesuai dengan daftar belanjaan tersebut.

3. Bacalah Review Tentang Barang/Jasa Yang Ingin Dibeli

Sebelum membeli suatu barang/jasa, terutama jika  membeli produk tersebut untuk pertama kalinya, usahakan untuk mencari tahu tentang produk tersebut, misalnya dengan membaca di internet atau bertanya kepada orang yang pernah menggunakannya. Tujuannya adalah agar produk yang akan dibeli nantinya benar-benar bermanfaat sesuai dengan kebutuhan dan terhindar dari kesalahan membeli produk.

4. Gunakan Uang Tunai

Ketika cewe quat membeli barang dengan kartu kredit atau debit yang hanya perlu digesek saja, biasanya akan susah mengontrol jumlah tagihan belanja dan memperbesar kemungkinan belanja melebihi budget yang telah ditentukan.  Oleh karena itu, gunakanlah uang tunai dan bawalah uang yang jumlahnya sesuai dengan anggaran belanja ya, cewe quat. Jika khawatir harga akan naik silahkan membawa uang lebih, namun jangan lebih dari 10% dibandingkan dengan total anggaran belanja.

5. Jangan Terlalu Percaya Diskon, Girls!

Mungkin sebagian cewe quat banyak yang memanfaatkan momentum diskon, terutama pada saat perayaan hari besar seperti tahun baru, lebaran atau natal untuk berbelanja dengan harga yang lebih murah. Namun, berhati-hatilah dan jangan mudah terguir dengan diskon yang ditawarkan. Pastikan bahwa harga yang tertera adalah harga yang benar-benar telah di diskon. Karena seringkali ditemukan harga suatu barang dibaikkan terlebih dahulu baru kemudian didiskon.

6. Looking For The Best Store

Dengan budget yang terbatas cewe quat pasti ingin mendapatkan barang dan harga yang terbaik, bukan? Untuk itu, jangan ragu untuk berkeliling pusat perbelanjaan atau searching  toko online agar mendapatkan barang yang terbaik.

7. Langsung Pulang

Apabila semua barang yang ada di daftar belanjaan sudah dibeli, maka bergegaslah untuk pulang. Agar mata cewe quat tidak tergoda melirik toko-toko yang lain.

 

 

sumber:

picture: www.google.co.id

https://www.mapan.id/blog/tips-keuangan-7-trik-belanja-cerdas/2/





0 Comment




Welcome to the community

CeweQuat adalah forum online dan komunitas perempuan. Di sini kamu tidak hanya berjejaring dengan ribuan perempuan hebat lainnya, namun juga dapat mengekspresikan karya - karyamu. Bergabunglah untuk menjadi perempuan berdaya!
  959
  26/03/2017

Top Member

Indy Sumaryo

33
Melita Rahmalia

31
Jastitah Nurpadmi

4
Ferni Annisa

3
Sausa Monica

2

NEWSLETTER