Home / Artikel / Career / Kamu Ingin Menjadi Akuntan Yang Professional? 5 Program dan Sertifikasi Profesi Akuntansi Ini Wajib Kamu Ikuti. Sebab Gelar Sarjana Saja Tak Cukup Untuk Menggapai Pekerjaan Impianmu.

Kamu Ingin Menjadi Akuntan Yang Professional? 5 Program dan Sertifikasi Profesi Akuntansi Ini Wajib Kamu Ikuti. Sebab Gelar Sarjana Saja Tak Cukup Untuk Menggapai Pekerjaan Impianmu.

by Siska Sivvani Dwi Sapitri Sabtu, 29 Apr 2017 14:44 429 - Career

bg-reg

Cewe Quat, setelah perjuangan mendapatkan gelar Sarjana kamu lalui, tibalah saatnya kamu para lulusan Akuntansi memasuki babak baru. Sebagai lulusan Akuntansi, kamu pasti menginginkan bekerja sebagai Akuntan. tak dapat dipungkiri bahwa Akuntan  bagi kebanyakan orang adalah sebuah pekerjaan yang populer di Indonesia. Hal ini dikarenakan profesi Akuntan memiliki prospek lapangan kerja yang bagus karena bagaimanapun juga setiap perusahaan pasti membutuhkan jasa seorang Akuntan.

Kalau cewequat sudah menempuh pendidikan di Jurusan Akuntansi maka sebenarnya kamu sudah bisa menjadi Akuntan. Namun,  Apakah dengan menjadi lulusan di jurusan Akuntansi saja sudah bisa menjadi seorang Akuntan yang professional, dan mendapatkan pekerjaan tersebut dengan mudah? Apalagi pada zaman sekarang sudah banyak lulusan yang mendapatkan gelar tersebut (S.E) yang pastinya makin banyak pesaing  kamu untuk menggapai Pekerjaan impianmu.

Nah, meningkatkan nilai jual tambah dengan mengikuti Sertifikasi Profesi Akuntansi adalah jawaban dari pertanyaan tersebut ya cewequat. Sertifikasi Profesi Akuntansi ini merupakan suatu pengakuan resmi yang dikeluarkan oleh lembaga Akuntan tertentu atas keprofessional seseorang pada bidang Akuntansi. Sertifikat inilah yang membedakan tingkat kualitas dan keahlian seorang tenaga kerja dibanding dengan tenaga kerja lainnya. Oleh karena itu, kamu harus tau 5 program dan sertifikasi profesi Akuntansi di bawah ini dan kamu wajib ikuti minimal salah satu nya agar kamu menjadi Akuntan professional sesuai impianmu.

Ikuti Program Pendidikan Profesi Akuntan (PPAk) 

Setelah kamu lulus menjadi Sarjana Akuntansi kamu dapat mengikuti program pendidikan profesi Akuntan ini untuk mendapatkan gelar profesi Ak. Program ini biasanya mengahabiskan waktu kurang lebih satu tahun. Program ini memang sarana pembelajaran bagi kamu untuk mengikuti ujian sertifikasi Akuntan lainnya. Terdapat beberapa Universitas yang mengadakan Program Pendidikan Profesi Akuntan (PPAk) seperti Universitas Indonesia Fakultas Ekonomi dan Universitas Trisakti. Nah, nanti kamu akan mendapatkan nomor register dari Kementerian Keuangan sebagai tanda bahwa kamu seorang akuntan profesional. Pastinya nanti nilai jual kamu sebagai seorang Akuntan Profesional beregister (S.E.,Ak.) tentu saja beda dgn seorang Sarjana Ekonomi Akuntansi (S.E.) biasa lho cewequat.

Ikuti Sertifikasi Chartered Accountant (CA)

Kalau cewequat telah lulus Program Pendidikan Profesi Akuntan (PPAk) berarti kamu sudah mempunyai bekal untuk mengikuti Ujian sertifikasi Chartered Accountant (CA) yang diadakan oleh Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI). sebenarnya untuk tahun ini tidak mengikuti PPak pun kamu sudah bisa mengikuti ujian sertifikasi Chartered Accountant (CA) namun ada baiknya jika mengikuti PPAk dahulu agar dapat lulus dengan mudah ujian sertifikasi Chartered Accountant (CA) ya. Sertifikasi CA ini sebagai identitas personal untuk kamu menjadi seorang Akuntan Profesional sesuai standar Internasional dan berhak menyandang sertifikasi CA dibelakang nama kamu. Selain itu sertifikasi ini akan menjadi bekal berharga bagi kamu dalam menghadapi persaingan global. Karena bagi pemegang sertifikasi CA berarti kamu telah mendapat pengakuan khusus dalam melaksanakan tanggung jawab untuk mengambil keputusan di bidang yang terkait dengan Keuangan khususnya laporan keuangan.

Ikuti Sertifikasi Certified Public Accountant (CPA)

Sertifikasi ini untuk kamu yang berkeinginan menjadi Auditor Independen atau  Akuntan Publik yang professional. Ujian sertifikasi Certified Public Accountant (CPA) Indonesia diselenggarakan oleh Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI). Untuk mengikuti ujian ini seorang Akuntan harus memiliki pengalaman bekerja atau mengajar 3 tahun di bidang Akuntansi atau Auditing. Kalau kamu telah dinyatakan lulus sertifikasi ini tentu saja berhak menyandang sertifikasi CPA dibelakang nama kamu dan sudah legal secara hukum untuk memberikan Jasa di bidang Akuntansi atau Auditing sesuai dengan UU Akuntan Publik yang berlaku. Dan pastinya kamu sudah dapat mendirikan Kantor Akuntan Publik sendiri ataupun dapat bekerjasama dengan partner Akuntan lainnya lho cewequat.

Ikuti Sertifikasi Certified Internal Auditors (CIA)

 

Certified Internal Auditors (CIA) ini menjadi incaran bagi kamu yang ingin menjadi Internal Auditor di sebuah perusahaan.  Sertifikat CIA dikeluarkan oleh The Institute of Internal Auditor (IIA) yang berpusat di Florida USA. Bagi Cewe quat yang ingin memiliki sertifikasi ini harus mengikuti 4 level tes yang dilakukan secara online tetapi jangan khawatir, walaupun diadakan oleh lembaga luar negeri namun sudah disediakan tes dalam Bahasa Indonesia juga lho. Seperti biasa sebelum mengikuti tes ini sebaiknya kamu melakukan persiapan dahulu. Kamu dapat mengikuti persiapan untuk ujian CIA ini dengan beberapa lembaga seperti Yayasan pendidikan internal Auditor, Pusat pengembangan Akuntansi UI dan Binus Business School.

Ikuti Sertifikasi Certified Management Accountants (CMA)

Sertifikasi ini berguna bagi kamu yang ingin menjadi Akuntan Manajemen, sertifikasi Certified Management Accountans (CMA) sangat diminati karena menyangkut pemahaman menyeluruh terhadap akuntansi manajemen sebuah perusahaan. Kalau cewequat ingin memiliki sertifikasi CMA harus mengikuti pendidikan sebagai bekal dan tentunya ujian. Pendidikan dan ujian Certified Management Accountants (CMA) diadakan oleh IPMI Business School Indonesia yang bekerja sama dengan The Institute for Certified Management Accountants (ICMA) di Australia.

Cewequat, dengan mengikuti sertifikasi ini kamu dapat mengetahui seberapa mampu dan andal kamu dalam bidang tersebut, Serta sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas ilmu kamu dalam bidang keuangan. Walaupun ujian tersebut sangat sulit, tapi  jika kamu  mempersiapkan nya dengan giat belajar maka yakinlah kamu akan mendapatkan sertifikasi tersebut. Karena hasil tidak akan pernah menghianati Usaha dan Doa. Tetap semangat dan semoga sukses Cewequat!

 





0 Comment




Welcome to the community

CeweQuat adalah forum online dan komunitas perempuan. Di sini kamu tidak hanya berjejaring dengan ribuan perempuan hebat lainnya, namun juga dapat mengekspresikan karya - karyamu. Bergabunglah untuk menjadi perempuan berdaya!
  959
  26/03/2017

Top Member

Indy Sumaryo

33
Melita Rahmalia

31
Jastitah Nurpadmi

4
Ferni Annisa

3
Sausa Monica

2

NEWSLETTER