Home / Artikel / Career / Multitasking? Jangan Sampai Jadi Multiribet!

Multitasking? Jangan Sampai Jadi Multiribet!

by Dyani Ayu Aisyah Rabu, 24 May 2017 14:48 278 - Career

bg-reg

Di tengah kesibukan kamu, pasti kamu pernah berpikir bahwa kamu mampu melakukan banyak pekerjaan dalam waktu yang bersamaan, namun.....

 

Memang agak sulit untuk melakukan hal tersebut, bahkan bisa jadi mustahil. Jika kamu melakukannya sesekali mungkin itu masih bisa kamu lakukan dan masih dalam tingkat wajar, namun jika kamu dituntut untuk melakukan itu setiap hari?? Pasti kamu butuh beberapa menit sekali untuk meregangkan badan...

 

Seperti seorang koki yang dituntut untuk menyiapkan makanan dan mengitung harganya sesegera mungkin saat konsumennya datang dalam jumlah yang banyak. Ya, beberapa orang berpikiran mengerjakan beberapa hal sekaligus dalam satu waktu adalah hal yang tidak masuk akal.

 

Perempuan pada hakikatnya memiliki kemampuan multitasking. Jika kamu melihat lebih detail, kondisi pekerjaan seorang ibu rumah tangga yang harus mengerjakan banyak pekerjaan dalam satu waktu, seperti menyiapkan makanan, mencuci, membersihkan rumah dan setumpuk tugas lainnya yang harus dikerjakan setiap hari dan tidak mengenal waktu. Tidak bisa dipungkiri itu merupakan keunggulan yang dimiliki oleh perempuan.

Lalu, bagaimana caranya agar kamu bisa meng-handle banyak pekerjaan dalam waktu yang bersamaan dan pekerjaan-pekerjaanmu bisa terselesaikan secara maksimal?

 

SET YOUR PRIORITY

Multitasking mengakibatkan kamu bisa cepat kelelahan, atur waktmu dan dahulukan segala sesuatu yang penting ataupun yang mendekati deadline. Kamu bisa saja mengambil beberapa pekerjaan atau project dalam rentang waktu yang singkat, namun pikirkan juga prioritasnya, mana yang ingin kamu selesaikan terlebih dahulu.

 

JANGAN MEMAKSAKAN

 Yang bisa mengetahui dirimu, dalah kamu sendiri. Kamu harus tahu benar apakah kamu sanggup melakukannya? Seperti saat kamu makan, kamu harus pelan-pelan menghabiskannya, jika makan dengan terburu-buru atau kamu makan dengan 2 suapan sendok sekaligus, kamu akan tersedak. Jika kamu ingin meningkatkan multitasking-mu, cobalah dengan hal-hal yang kecil namun beruntun, maka kamu akan terbiasa melakukan multitasking, jangan sampai hal tersebut malah membuat kamu kewalahan yan, CeweQuat..

 

MAKE A REMINDER

Buatlah reminder untuk dirimu sendiri saat melakukan multitasking. Kamu bisa membuat catatan kecil ataupun alarm untuk menentukan targetmu, hal tersebut dapat membantumu mengingat hal-hal apa saja yang harus kamu selesaikan terlebih dahulu dengan waktu yang sudah kamu atur.

 

KEEP YOUR CONCENTRATION

Saat kamu melakukan multitasking, fungsi otak akan dipaksa bekerja dua kali lipat dari biasanya. Ketika kamu sedang melakukan pekerjaan A, tiba-tiba kamu teringat dengan pekerjaan B, kamu bisa kehilangan konsentrasimu dan yang kamu kerjakan akan tidak maksimal. Jangan sampai itu terjadi ya, CeweQuat.. Tetap fokus dan jaga konsentrasimu saat hal itu terjadi.

 

KEEP CALM

Seperti yang kamu ketahui, multitasking membuat pikiran dan hati sedikit lebih panik, terlebih lagi jika deadline sudah dekat. Tenangkan dirimu saat melakukan multitasking, agar pekerjaan-pekerjaan yang kamu lakukan dapat terselesaikan dengan baik.

 

Multitasking bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, apabila kamu salah mengerjakan, kamu akan jadi multiribet. 5 poin di atas bisa membantumu dalam meng-handle multitasking, multitasking yang dilakukan secara terus menerus akan menyebabkan otak menjadi overload, maka dari itu kamu perlu menyeimbangkannya dengan mengistirahatkan fisik dan juga pikiranmu.

 

Source image: http://powerofpositivity.com





0 Comment




Welcome to the community

CeweQuat adalah forum online dan komunitas perempuan. Di sini kamu tidak hanya berjejaring dengan ribuan perempuan hebat lainnya, namun juga dapat mengekspresikan karya - karyamu. Bergabunglah untuk menjadi perempuan berdaya!
  959
  26/03/2017

Top Member

Indy Sumaryo

33
Melita Rahmalia

31
Jastitah Nurpadmi

4
Ferni Annisa

3
Sausa Monica

2

NEWSLETTER