Home / Artikel / Career / Maju Lebih Cepat Dengan Bantuan Mentor

Maju Lebih Cepat Dengan Bantuan Mentor

by Dyani Ayu Aisyah Rabu, 24 May 2017 14:53 219 - Career

bg-reg

Mentor? Apa sih itu mentor? Mungkin CeweQuat sering bertanya-tanya tentang hal ini dan merasa bingung apa itu kegiatan mentoring dan apa manfaatnya untuk diri kita sendiri? Sebelumnya kita ulas tentang “apa itu mentor dan mentoring?” dulu yuk CeweQuat...

 

Dari terjemahan bahasa inggris, mentor berarti “penasehat”. Dikutip dari buku perempuan pemimpin (2017) definisi mentor sangat luas, mencakup pembimbing, pelatih, penasihat, sponsor, dan banyak lagi. Pada intinya, mentor adalah orang yang lebih senior, yang menolong mereka yang lebih baru atau lebih muda unuk sukses.

Ya, seorang mentor adalah seseorang yang penuh kebijaksanaan, pandai membimbing, maupun melatih orang lain. Jika seorang mentor adalah penasehat, maka bisa diartikan mentoring merupakan kegiatannya pembinaan, pelatihan, pembelajaran oleh para mentor.

 

Banyak peran yang bisa diberikan oleh mentor dalam kegiatan mentorship seperti memberikan dukungan kepada mentee-nya dengan cara menyemangati, memberikan dukungan, challege, maupun memberikan opportunity, memberikan kesempatan kepada mentee-nya untuk mencapai potensi maksimumnya.

 

Memang, banyak hal yang harus dilakukan agar CeweQuat bisa terus maju mengembangakan passion dan capability, salah satu cara dalam kemajuan karir dan potensi yang kamu milki, loh.

 

Kalau sekarang CeweQuat sudah memiliki gambaran tentang mentor dan mentoring, sekarang simak apa manfaat dari kegiatan mentoring ini.....

 

AS A MOTIVATION

Memang dasarnya perempuan itu suka curhat, apalagi dengan orang yang lebih expert, motivasi yang diterima oleh mentee akan terasa lebih kuat saat kegiatan mentoring ini untuk sharing menganai hal positif dan titik pembelajaran dalam diri kamu.

 

CHANGE YOUR LIFE

Mentoring ini berguna untuk sedikit demi sedikit akan merubah hidupmu menjadi lebih baik, para mentor akan mengajarkan mentee untuk lebih disiplin waktu, lebih cekatan, dan dapat menjadikan mentee sebagai orang yang memiliki prinsip dan menjalankan prinsip hidupnya.

 

YOUR MENTOR IS A COACH

Sebagai pelatih, tentunya kamu akan diajarkan hal-hal yang belum pernah kamu temui sebelumnya, para mentor akan lebih mengajarkan keberanian mengambil keputusan, keberanian untuk mengejar apa yang sudah ditargetkan, menyiapkan mental yang lebih kuat untuk menghadapi masalah, dan menjdikan mentee-nya lebih kreatif dalam berfikir.

 

Itu dia 3 manfaat dari kegiatan mentoring. Lalu bagaimana caranya untuk mendapatkan seorang mentor??

Apabila kamu bekerja di suatu organisasi yang menganjurkan dan mendukung kegiatan mentoring, ini akan mempermudah kamu untuk mendapatkan kesempatan. Tidak semua perusahaan maupun organisasi punya program seperti ini, jika belum ada, kamu bisa berinisiatif untuk mencari seorang mentor, kamu dapat memilih mentor yang sesuai dengan bidang yang ingin kamu pelajari.

 

Nah, bisa dirasakan betul peranan mentor ini dalam merealisasikan cita-cita untuk lebih maju, kan, CeweQuat.... Yuk, cari kesuksesanmu melalui program mentoring ini, dan buat komitmen untuk mengembangkan kemampuanmu...

 

 

Source image: http://2.bp.blogspot.com

Source quote: Alisjahbana, Betti. (2017). Perempuan Pemimpin. Bandung: PT Mizan Pustaka.


0 Comment




Welcome to the community

CeweQuat adalah forum online dan komunitas perempuan. Di sini kamu tidak hanya berjejaring dengan ribuan perempuan hebat lainnya, namun juga dapat mengekspresikan karya - karyamu. Bergabunglah untuk menjadi perempuan berdaya!
  955
  26/03/2017

Top Member

Indy Sumaryo

33
Melita Rahmalia

31
Jastitah Nurpadmi

4
Ferni Annisa

3
Dyani Ayu Aisyah

2

NEWSLETTER