Home / Artikel / Career / Berkarir Saat Masih Kuliah? Why Not?

Berkarir Saat Masih Kuliah? Why Not?

by Devaldha Nurulizza Selasa, 30 May 2017 10:21 37 - Career

bg-reg

 

“Bikin karir itu prosesnya panjang dan gak semudah itu.”
“Fokus kuliah dulu aja deh.”

CeweQuat, statement ini gak salah kok. Talking about career, mungkin akan terlalu dini buat kamu yang masih berstatus mahasiswa. Kuliah emang susah dan berat, banyak tantangannya. Tapi, kalo setiap peluang atau kesempatan itu dibuat nanti-nanti aja, akan ada masalah baru buat kamu lho. Jangan sampai kamu lupa diri, hanya fokus kuliah tanpa mikir caranya untuk mengembangkan diri untuk perjalanan karir. Tau gak? Di Indonesia, sarjana yang menganggur itu banyak lho! Kamu gak mau kan menjadi salah satunya?

1. Know Yourself

Pertama, kamu harus memahami diri sendiri. Memahami diri sendiri itu penting. 

Notice! Penting! 

Kalau kamu lebih memahami orang lain tapi malah masih suka galau atau bingung dengan apa yang kamu suka, that’s so sad. Jangan salah, masih banyak lho yang setelah lulus sidang akhir, bahkan mau interview, masih kebingungan sama apa yang ingin dilakukan, bertanya kesana kemari tentang dirinya sendiri sama orang lain. 

Lho, gimana? 

Memahami diri sendiri itu gak sekedar tahu kepribadian kamu tapi juga tahu tentang passion, cita-cita, meaning atau value yang ingin kamu dapatkan bahkan rencana kamu di masa depan.

Nah, sekarang coba mulai usaha untuk mengenali diri sendiri. Jangan cuma kenalan sama gebetan aja nih yang lancar. Cari tahu deh apa yang benar-benar kamu suka, try new things dan buat list life goals yang ingin kamu wujudkan.

2. Mengasah soft skill

Sewaktu kamu jadi maba atau mahasiswa baru, di beberapa pertemuan ospek pasti deh sering ditegaskan tentang pentingnya soft skill. 

Kalau kamu masih meremehkan soal soft skill ini, itu artinya you are lost, sweetheart.

Nih ya, berdasarkan penelitian Harvard University, soft skill memegang peran sebesar 80% untuk mengantarkan kamu ke puncak kesuksesan. Sudah bisa ditebak dong apa akibatnya kalau kamu masih diam di tempat dan tidak berusaha keras untuk mengasah soft skill-mu?  Memangnya kemampuan kamu untuk berkomunikasi di depan umum, working with team, berpikir logis, berpikir kritis itu jatuh dari langit? Nope,  Makanya mulai dari sekarang, kamu harus mulai mengasah soft skill. There’s a lot way, salah satunya adalah dengan mengikuti organisasi baik di dalam maupun luar kampus.

3. Be focus!

Ingat ya, FOKUS! Ini tuh sering banget diabaikan padahal fokus membantu kamu untuk terus konsisten mencapai tujuan. Selama kamu berproses dalam upaya membangun karir nih, akan ada banyak banget tantangan yang harus kamu hadapi. Entah itu tantangan secara internal maupun eksternal.

Jadi, mulailah tetapkan pilihan karir sesuai passion dan meaning yang ingin kamu dapatkan, dari awal. 

Itu akan membuatmu termotivasi untuk sukses.

4. MembangunNetworking

Membangun networking ini adalah salah satu cara paling efektif untuk mencari lebih banyak peruntungan dalam karir. Kalau kamu tidak punya networking yang luas, kamu akan banyak tertinggal. Kamu juga akan kesulitan untuk beradaptasi dan berinteraksi dengan orang lain. FYI, networking yang luas akan membawa kamu ke dalam kesempatan yang lebih besar, lho. Beberapa diantaranya adalah kamu bisa dapetin berbagai info terkait pekerjaan yang kamu sukai bahkan sebelum itu ada di iklan. Tidak jarang, kamu juga bisa dapat ilmu gratis untuk mengembangkan karir. Nah, jadi mulai dari sekarang kamu harus pro aktif, artinya banyak bergaul dan membuka diri terhadap orang lain, bersikap sopan, dan jalin hubungan pertemanan yang positif. 

Bangun networking dari sekarang. Masa kamu mau menjadi mahasiswa yang hanya mengandalkan gelar sarjana saja nantinya?

5. Part Timer Worker

Kerja paruh waktu atau biasa kita kenal dengan freelance tentu akan menghabiskan banyak waktu. Apalagi kalau misalnya kamu memang sudah super sibuk dengan kuliah dan kegiatan lainnya di organisasi. Tapi, kerja sampingan ini bisa membantu kamu untuk lebih memahami bidang mana yang akan kamu tekuni. Benefit lainnya, kerja sampingan bisa jadi langkah yang pas untuk membangun karirmu. Kamu akan punya pengalaman secara professional dan itu akan jadi nilai plus untukmu.

Seperti yang sudah ditegaskan dari awal, membangun karir itu gak gampang, lho. Apalagi di era serba cepat dan mudah seperti sekarang ini. Makanya, akan lebih mudah untuk tahu pilihan karir sejak kamu duduk di bangku kuliah. At least, pembelajaran dan pengalaman yang kamu dapatkan akan semakin banyak dan itu akan membantumu survive di dunia kerja. 
So CeweQuat, have fun with the progress!!

Source: Moola.id

 


0 Comment




Welcome to the community

CeweQuat adalah forum online dan komunitas perempuan. Di sini kamu tidak hanya berjejaring dengan ribuan perempuan hebat lainnya, namun juga dapat mengekspresikan karya - karyamu. Bergabunglah untuk menjadi perempuan berdaya!
  632
  26/03/2017

Top Member

Indy Sumaryo

33
Melita Rahmalia

4
Jastitah Nurpadmi

4
Petty Fathia

2
Fildza Khairina Adriani

2

NEWSLETTER

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: popup_banner

Filename: cleanweb/footer.php

Line Number: 185

Backtrace:

File: /var/www/html/themes/web/cleanweb/footer.php
Line: 185
Function: _error_handler

File: /var/www/html/themes/web/cleanweb/details.php
Line: 162
Function: include

File: /var/www/html/application/third_party/MX/Loader.php
Line: 352
Function: include

File: /var/www/html/application/third_party/MX/Loader.php
Line: 295
Function: _ci_load

File: /var/www/html/application/libraries/FrontController.php
Line: 186
Function: view

File: /var/www/html/modules/web/controllers/Site.php
Line: 474
Function: _v

File: /var/www/html/index.php
Line: 292
Function: require_once