Home / Artikel / Career / Cara mudah merencanakan keuangan sejak dini untuk mewujudkan impian mu

Cara mudah merencanakan keuangan sejak dini untuk mewujudkan impian mu

by Siska Sivvani Dwi Sapitri Selasa, 30 May 2017 16:02 109 - Career

bg-reg

Cewequat, tidak bisa dipungkiri lagi bahwa hidup ini tidak bisa jauh dari uang. Meskipun banyak orang berkata jangan jadi orang yang "money oriented" tapi memang semua kebutuhan harus didapatkan dengan uang. sebagai kaum wanita belajar mengelola keuangan sangat penting untuk dapat mewujudkan beberapa keinginan atau impian yang dapat diukur secara keuangan. Nah, Berikut langkah-langkah mewujudkan keinginan atau impian tersebut:

Tentukan Impian

Cewequat seperti hal nya berpergian, jika kita tidak tahu tujuan kita akan kemana, kita akan bingung dan berjalan tak tentu arah. Hal pertama yang perlu kita lakukan dalam perencanaan keuangan adalah, tentukan tujuan atau impian kita.  Misalnya impian kita adalah  membeli rumah pribadi atau travelling  ke luar negeri. hal ini tentu membutuhkan biaya. Kita dapat mengukur kebutuhan keuangan kita untuk mendapatkan impian tersebut. 

Tentukan Jangka Waktu Mewujudkannya

Setelah tahu estimasi kebutuhan biaya untuk mencapai impian tersebut, hal yang perlu dilakukan selanjutnya adalah menentukan kapan impian tersebut ingin dicapai. Hal ini dapat menjadi acuan bagi langkah berikutnya, yaitu bagaimana cara yang tepat untuk mewujudkannya. Cewequat dapat menentukannya apakah jangka pendek (=< 1th), menengah (1-5 th), atau panjang (> 5th).

Merencanakannya Secara Keuangan Dengan Tepat

Setiap impian yang di rencanakan cewequat pasti memiliki  jangka waktu berbeda dan membutuhkan perencanaan keuangan yang berbeda pula. Misalkan untuk impian jangka pendek, kita dapat mencapainya dengan menabung, dan untuk jangka menengah kita bisa saja berinvestasi melalui instrumen keuangan sebagai contoh reksadana, atau untuk jangka panjang kita bisa berinvestasi melalui  saham. Semakin tinggi return yang diharapkan, semakin tinggi resikonya. 

Mengetahui Arus Kas dan Menyisihkannya Untuk Mencapainya

Kamu perlu menyisihkan sebagian dana untuk dapat mencapai impian tersebut. Apakah kamu mampu untuk menyisihkan sebagian dana tersebut, kita perlu mengetahui arus kas kamu. Berapa jumlah uang yang di dapatkan setiap bulannya, dikurangi berapa pengeluaran setiap bulannya. Sisanya adalah uang yang dapat kita sisihkan untuk mencapai impian kita. 

 

Mempraktekannya

Setelah membuat perencanaan keuangan yang matang, maka hal yang menjadi kuncinya adalah mempraktekannya. Perencanaan tidak akan mendapatkan hasil jika tidak dilakukan dengan baik.

Nah, berikut merupakan tahapan mudah membuat perencanaan uang kamu . semoga bermanfaat cewequat :)


0 Comment




Welcome to the community

CeweQuat adalah forum online dan komunitas perempuan. Di sini kamu tidak hanya berjejaring dengan ribuan perempuan hebat lainnya, namun juga dapat mengekspresikan karya - karyamu. Bergabunglah untuk menjadi perempuan berdaya!
  932
  26/03/2017

Top Member

Indy Sumaryo

33
Melita Rahmalia

26
Jastitah Nurpadmi

4
Ferni Annisa

3
Dyani Ayu Aisyah

2

NEWSLETTER