Home / Artikel / Self / Inilah! 5 Mental Pancasila Yang Wajib Kamu Miliki

Inilah! 5 Mental Pancasila Yang Wajib Kamu Miliki

by Melita Rahmalia Rabu, 31 May 2017 21:40 362 - Self

bg-reg

1. Mental Menghargai Keyakinan Orang Lain 

Sebagai seorang warga negara Indonesia, kamu wajib menghargai keyakinan orang lain. Di Indonesia sendiri, berbagai keyakinan diakui dan dilindungi oleh negara. Semua bebas melakukan ibadah sesuai keyakinannya, selama tidak menyesatkan seperti misalnya mengajarkan kekerasan. Kamu bebas memeluk keyakinan dan beribadah, begitu juga orang lain. Penghormatan ini merupakan hak satu sama lain. Yuk, dijaga ya!

2. Mental Menghargai Hukum 

Penting juga untuk kamu menyadari bahwa kamu tinggal di negara hukum. Kita pun tidak bisa seenaknya berbuat sesuatu tanpa terkena konsekuensi hukum. Salah satu contoh sederhana, kita harus selalu lapor pajak dan tidak bissatyana seenaknya menerobos lampu merah. 

3. Mental Menghargai Perbedaan

Sebagai warga negara Indonesia, kamu tentunya harus bisa menghargai keragaman budaya Indonesia. Bukan cuma menghargai, tapi juga malah baiknya mengenali, mendalami, dan mempelajari. Kemudian kita ambil yang baiknya dan sesuai dengan kita. Walaupun berbeda, kita tetap satu, dan semuanya adalah bagian dari negara ini. Contoh kecilnya, keragaman makanan di Indonesia. Semuanya enak - enak dan buat kita bangga jadi orang Indonesia. 

4. Mental Bermusyawarah dan Demokrasi 

Salah satu budaya bangsa Indonesia adalah lebih suka berembuk dan bermusyawarah untuk menentukan suatu pilihan. Mental berembuk dan berdemokrasi ini mencerminkan keyakinan bahwa semua yang terlibat dalam suatu hal berhak bersuara mengenai hal tersebut. Spiritnya, lagi-lagi, spirit saling menghargai pendapat orang lain. 

5. Mental Berbagi 

Sebagai warga negara Indonesia, kita suka sekali berbagi. Menjiwai sila ke - 5 , keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, kita kadang tidak sadar, betapa mendarah dagingnya mental berbagi itu. Selalu ada hukuman sosial bagi mereka yang punya banyak namun enggan berbagi, dan mereka yang selalu suka berbagi, cenderung mempunyai status sosial yang baik dan disenangi banyak orang. Yuk, pelihara terus mental berbagi ini. Buka mata dan hati lebar-lebar untuk mereka yang masih membutuhkan, apalagi sekarang sudah masuk bulan Ramadhan! 


0 Comment




Welcome to the community

CeweQuat adalah forum online dan komunitas perempuan. Di sini kamu tidak hanya berjejaring dengan ribuan perempuan hebat lainnya, namun juga dapat mengekspresikan karya - karyamu. Bergabunglah untuk menjadi perempuan berdaya!
  955
  26/03/2017

Top Member

Indy Sumaryo

33
Melita Rahmalia

31
Jastitah Nurpadmi

4
Ferni Annisa

3
Dyani Ayu Aisyah

2

NEWSLETTER