Home / Artikel / Others / Untuk Hubungan Yang Lebih Berkualitas, Lakukan 5 Hal Ini

Untuk Hubungan Yang Lebih Berkualitas, Lakukan 5 Hal Ini

by Melita Rahmalia Rabu, 28 Jun 2017 15:55 480 - Others

bg-reg

Psst, ternyata melakukan usaha yang membuat kualitas hubungan kamu lebih baik adalah investasi yang sangat bagus untuk kebahagiaan kamu lho! 

Menurut sebuah studi yang dilakukan selama kurang lebih 75 tahun oleh Universitas Harvard, kualitas hubungan sosial seorang manusia dewasa (baik dengan teman-teman, kelurga, maupun pasangan), sangat mempengaruhi kualitas kebahagiaan mereka. Mereka yang lebih dekat, nyaman, dan mempunyai kualitas hubungan yang bagus (bisa terbuka, merasa aman, merasa memiliki seseorang yang bisa diandalkan) ternyata sistem sarafnya bisa merasa lebih tenang, otak lebih sehat, dan mengurangi rasa sakit baik secara emosional maupun fisik. So, you are not only happier but also healthier!  Sementara itu, mereka yang lebih merasa kesepian bisa melihat kesehatan fisik mereka menurun lebih awal dan meninggal lebih dulu. Namun, satu hal yang perlu kamu tahu adalah semua obyek riset ini adalah laki-laki. Hmm, ternyata, kaum lelaki sangat memerlukan adanya hubungan sosial yang baik. It really matters for them and quite literally, the difference between life and death.

CeweQuat, sebagai pasangan yang baik, yuk berusaha untuk memberikan kualitas hubungan yang lebih bagus untuk pasangan kamu. You need it, but he probably needs it even way more than you do! Inilah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk membangun hubungan yang lebih berkualitas dengan pasangan kamu.

 

1. Be one of their best friends

Menurut relationship expert Tara Cafelle yang dikutip oleh Pop Sugar.com, semakin dalam hubungan pertemanan antara sepasang kekasih, semakin besar kemungkinan mereka untuk bertahan lebih lama. Yes, CeweQuat, tidak cukup hanya menjadi “partner” untuk pasangan kamu. Kamu juga harus tahu bagaimana caranya menjadi seorang teman baik untuk dirinya. Seperti apa sih kualitas yang ia butuhkan dari teman baiknya? Support dalam hal-hal baik yang ia lakukan? Selalu bisa membuatnya ketawa? Memberinya kebebasan? Mengerti komitmennya dengan orangtuanya untuk menghabiskan hari-hari tertentu bersama mereka? Menerima dirinya apa adanya tanpa banyak kritik?  Atau justru seseorang yang mampu menantangnya dan mendorongnya untuk berbuat lebih dengan cara yang halus plus tanpa bebas nyinyir? Kalau selama ini kamu banyak menghabiskan waktu dan ruang di kepalamu untuk berpikir kenapa ia melakukan ini itu atau malah tidak sama sekali, well, coba deh alihkan untuk mencoba berpikir teman seperti apa yang ia butuhkan. Dijamin pasanganmu akan lebih bahagia dan jika ia bahagia, kamu pasti merasakannya juga!

2. Selalu Bisa Membuat Dia Merasa Dihormati

Salah satu hal yang penting buat kaum lelaki adalah rasa dihormati. Buat mereka, perasaan dihormati itu mempunyai makna yang sama seperti dicintai. Kalau kamu memberikan sinyal bahwa kamu sangat menghormati mereka, it’s like a confirmation of your love to them. Sebaliknya, kalau kamu tidak bisa membuat mereka merasa dihormati, maka mereka akan merasa bahwa kamu kurang mencintai mereka. Dalam suatu artikel yang memuat wawancara dengan beberapa pasangan yang sudah bersama selama puluhan tahun, salah satu hal yang membuat mereka bisa bertahan selama itu adalah adanya rasa cinta dan respek yang bisa terlihat dengan baik. Nah, apakah arti “dihormati” untuk pasangan kamu? Kadang-kadang, itu berarti selalu mendiskusikan berbagai masalahmu kepadanya dan meminta pendapatnya sebelum mengambil keputusan, bahkan mungkin untuk urusan yang tidak berhubungan langsung dengannya. Kadang, itu berarti membiarkannya memiliki space untuk ia menghabiskan waktu bersama teman-temannya. Whatever it is, you need to figure it out if you want to be together with him for a long time!

3. Never Take Him for Granted

“Taking someone for granted” artinya kamu merasa bahwa dia akan selalu di sampingmu, bagaimanapun sikapmu padanya. Bahwa dia nggak akan kemana-mana. Mindset ini akan membuat kamu malas berusaha untuk memberikan yang terbaik. Kalau dibiarkan, maka bisa menyebabkan kualitas hubungan kamu jadi tidak baik. Never assume that he will want to be with you forever, and do your best to left him no choice but to stay with you, because you are that wonderful with him. Dan psst, sebaiknya attitude ini juga kamu terapkan ke semua jenis hubungan yang kamu punya. Teman, sahabat, tempat kerja. Pada intinya, memiliki mindset ini akan mendorong kamu untuk selalu memberikan yang terbaik. Dan, seperti yang akan kamu rasakan sendiri dalam hidup, ketika kamu memberikan yang terbaik (one of the best lessons in life, if you ever have the luck to experience it), kamu juga akan mendapatkan yang terbaik.

4. Lakukan Hal Baru Bersama

Manusia tercipta selalu tertarik dengan hal yang baru, dan beberapa manusia tercipta mudah bosan. Jangan melawan hukum alam ini, tetapi patuhi dengan selalu melakukan hal baru bersama. Always keep him guessing (in a good way). Coba tunjukkan usaha kamu dalam menjaga hubungan seperti memberikan ide-ide kegiatan baru yang bisa kamu lakukan bersama. Atau jelajahi interest baru yang sebelumnya kamu tidak pernah melakukannya atau menunjukkan interest tentang hal tersebut kepadanya. Siapa tahu hal itu juga membuatnya ingin mengeksplorasi hal baru dan memberikan suntikan keasyikan baru dalam hidupnya. He will thank you so much for it!

5. Samakan Tujuan

Tanpa tujuan yang sama, tidak ada hubungan yang akan bertahan lama. Karakter bisa beda, hobi bisa beda, personality bisa beda, namun kalau tujuan berbeda, akan sulit sekali mempertahankan hubungan, baik hubungan romantis maupun hubungan non-romantis. Demi hubungan yang berkualitas dan mampu bertahan lama, jangan pernah berasumsi bahwa kalian mempunyai tujuan yang sama. Setiap tahun, atau beberapa bulan sekali, tanyakan pada dirimu dan dirinya, apakah tujuan kalian untuk hubungan ini masih sama, serta bagaimana caranya agar hubungan ini masih terikat oleh satu tujuan. Does that mean someone needs to grow up and make some changes? Or does it mean someone needs to learn to take a step back and slow down?

 

Masih banyak ide lainnya yang bisa kamu cari dari berbagai referensi untuk membentuk hubungan yang berkualitas. Namun, kamu bisa mulai dari lima hal yang sudah dibahas di atas. Selama melakukan lima hal tersebut, ingatlah bahwa kejujuran dan ketulusan harus menjadi fondasi semua sikap, perilaku, pola pikir, dan semua interaksi yang terjadi antara kamu dan pasanganmu. Yes, relationships can be messy, difficult, and complicated, but it can also be beautiful, enduring, comforting, and it is so worth it for your life.


0 Comment




Welcome to the community

CeweQuat adalah forum online dan komunitas perempuan. Di sini kamu tidak hanya berjejaring dengan ribuan perempuan hebat lainnya, namun juga dapat mengekspresikan karya - karyamu. Bergabunglah untuk menjadi perempuan berdaya!
  955
  26/03/2017

Top Member

Indy Sumaryo

33
Melita Rahmalia

31
Jastitah Nurpadmi

4
Ferni Annisa

3
Dyani Ayu Aisyah

2

NEWSLETTER