Home / Artikel / Others / Supporting Others 101: How to Support Your Friends (Part 1)

Supporting Others 101: How to Support Your Friends (Part 1)

by Melita Rahmalia Minggu, 23 Jul 2017 04:29 187 - Others

bg-reg

Mendukung teman-teman kita secara langsung bahkan di era digital ini tidak harus menjadi seni yang hilang.

Banyaknya berita berduka yang beredar akhir-akhir ini, mulai dari meninggalnya Chester Bennington karena bunuh diri, sampai Oka Mahendra Putra yang dikabarkan kolaps karena masalah pribadi membuatnya sedikit sekali makan, tidak harus berakhir sebagai kabar sedih. Jadikan berita-berita duka itu sebagai pengingat kita bahwa masih banyak teman-teman kita yang pastinya sangat membutuhkan support dari kita, baik secara emosional maupun jenis support yang lain. People don’t always tell others when they need support, and sometimes we need to be more alert and aware to detect people who need our support, and be the kind of person that would make people comfortable to confide in us about their problems. Yuk simak beberapa tips dari CeweQuat untuk mendukung teman-temanmu dengan lebih baik! 

1. Support untuk temanmu yang baru putus

Ketika menghadapi teman yang baru saja putus, hal terbaik yang bisa kamu lakukan untuk mereka adalah to show up for them. Ketika baru saja putus, mereka merasa kesepian karena kehilangan sosok yang biasanya menemani. Dengarkan ceritanya dan temani, namun menyalahkan mantan temanmu, apalagi menyalahkan temanmu, karena bagaimanapun juga, mereka pernah menjalani cerita bersama. Lebih baik kamu dukung temanmu dengan membantunya melihat apa hal baik yang ia rasakan selama bersama sang mantan. Bantu ia melihat hubungannya, dan soal putusnya hubungan mereka, dengan perspektif baru yang bisa membuatnya merasa lebih baik. Misalnya, dengan mengingatkan bahwa pasti ada alasan dan hikmah kenapa mereka nggak bisa bareng dulu saat ini. Atau dengan mengingatkan bahwa pasti sang mantan juga sangat sedih. Siapa sih yang ingin memulai hubungan untuk nantinya putus juga?

2. Support untuk temanmu yang belum bisa move on

Temanmu masih saja belum bisa move on dari sesuatu yang menurutmu, sudah waktunya banget ia beralih ke hal baru. Misalnya ia terus-terusan naksir sama satu lelaki yang jelas-jelas sudah tidak boleh ia sukai, atau tidak ada harapan lagi untuk saat ini. Atau ia terus-menerus menanyakan kenapa ia tidak bisa mendapatkan satu hal yang sangat ia inginkan. Well, pertama, tunjukkan kepada temanmu bahwa kamu sangat menghargai pribadinya yang sangat konsisten dan loyal dengan pilihannya ini. Kedua, ingatkan ia bahwa pribadinya yang sangat konsisten dan loyal ini akan sangat bagus sekali jika ia gunakan untuk sesuatu yang bisa membuatnya lebih sukses dan senang, bukan membuatnya semakin sedih atau menderita. Ketiga, ajak ia untuk mengalami hal-hal baru dan ketemu dengan orang-orang baru. Sometimes, people cannot move on just because they don’t know that better things are entirely within their reach. It’s your job as a good friend to show them.

3. Support untuk temanmu yang baru memulai bisnis atau kegiatan baru

Kamu punya banyak teman yang baru saja memulai bisnis baru atau memulai kegiatan baru? Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah, tunjukkin supportmu dengan membeli barang mereka sesuai dengan harga yang mereka minta, bukan dengan minta diskon khusus ya! Kalau kamu mampu, malah bagusnya kamu beli banyak, atau ajak orang lain untuk memesan juga. Dijamin temanmu akan appreciate sekali. Untuk mereka yang memulai kegiatan baru, tunjukkan supportmu dengan hadir di acara yang mereka buat, lalu share tentang acara mereka ke beberapa temanmu yang lain atau post di social media dengan tag akun-akun mereka. Nah, dijamin pasti mereka senang sekali dengan supportmu. Jangan lupa katakan juga feedback kamu untuk membuat hal yang sedang mereka buat semakin bagus lagi di masa depan. Selain itu, ingat bahwa biasanya orang yang baru merintis sesuatu perlu bantuan atau mengalami beberapa hambatan-hambatan. Tanyakan padanya apakah ia membutuhkan bantuanmu? Dan jika memang ada yang bisa kamu bantu, tuluslah membantu mereka tanpa harus mengharapkan imbalan apapun.

4. Support untuk temanmu yang mempunyai masalah kesehatan mental

Akhir-akhir ini banyak yang terdiagnosa dengan bipolar disorder, sebuah penyakit mood disorder yang bisa membuat mood seseorang naik turun dengan sangat tajam dan berbeda. Nah, apakah kamu punya teman yang mempunyai masalah kesehatan mental seperti bipolar disorder? Tunjukkan supportmu kepada mereka dengan selalu mengecek kabar mereka dan ajak-ajak mereka jika ada acara. Kamu juga bisa menunjukkan supportmu dengan selalu membuat mereka merasa nyaman. Karena biasanya teman-teman kamu yang punya masalah kesehatan mental, bisa merasa down sekali kalau merasa tertinggal atau merasakan tekanan yang tidak nyaman. Harus berani mengecek dulu dan menanyakan keadaan mereka, mendengarkan cerita mereka dan buat mereka tidak pernah merasa sendiri, inilah kunci untuk mendukung teman-temanmu yang terkena masalah kesehatan mental.

5. Support untuk temanmu yang sakit

CeweQuat, kamu punya teman yang sedang sakit? Temanmu yang sakit biasanya butuh diingatkan untuk menjaga dirinya, misalnya dengan minum obat, pantangan makanan, atau dengan secara rutin mengecek ke dokter. Selain itu, teman yang sakit biasanya juga butuh bantuan untuk melakukan beberapa hal tertentu. Tanyakan padanya, apa yang bisa kamu lakukan untuk meringankan rasa sakitnya. Misalnya, kalau ia sendirian di kos namun sakit, kamu bisa membantunya menyetok makanan untuk dirinya beberapa hari ke depan sampai ia lebih sehat lagi. Kamu perlu lebih sensitive dan perhatian dengan temanmu yang sedang sakit, namun tidak tinggal bersama keluarga. Pastinya, mereka butuh banget bantuan teman-teman. Namun, mereka juga biasanya sering sedih karena tidak bisa ikut berpartisipasi dalam kegiatan seperti biasa. Kunjungi mereka rame-rame dengan teman yang lain, bawakan buah tangan dan buat mereka tersenyum, sehingga mereka merasa seperti tidak pernah kehilangan moment. 


0 Comment




Welcome to the community

CeweQuat adalah forum online dan komunitas perempuan. Di sini kamu tidak hanya berjejaring dengan ribuan perempuan hebat lainnya, namun juga dapat mengekspresikan karya - karyamu. Bergabunglah untuk menjadi perempuan berdaya!
  955
  26/03/2017

Top Member

Indy Sumaryo

33
Melita Rahmalia

31
Jastitah Nurpadmi

4
Ferni Annisa

3
Dyani Ayu Aisyah

2

NEWSLETTER