Home / Artikel / Others / Supporting Others 101: How to Support Your Friends (Part 2)

Supporting Others 101: How to Support Your Friends (Part 2)

by Melita Rahmalia Minggu, 23 Jul 2017 05:13 89 - Others

bg-reg

Banyaknya berita berduka yang beredar akhir-akhir ini, mulai dari meninggalnya Chester Bennington karena bunuh diri, sampai Oka Mahendra Putra yang dikabarkan kolaps karena masalah pribadi membuatnya sedikit sekali makan, tidak harus berakhir sebagai kabar sedih. Jadikan berita-berita duka itu sebagai pengingat kita bahwa masih banyak teman-teman kita yang pastinya sangat membutuhkan support dari kita, baik secara emosional maupun jenis support yang lain. People don’t always tell others when they need support, and sometimes we need to be more alert and aware to detect people who need our support, and be the kind of person that would make people comfortable to confide in us about their problems. Yuk simak beberapa tips dari CeweQuat untuk mendukung teman-temanmu dengan lebih baik! 

6. Support untuk temanmu yang ditinggal orangtua

Temanmu baru saja kehilangan salah satu orangtuanya? This is a very, very difficult moment in their life, CeweQuat. Kalau bisa langsung inisiatif lakukan atau berikan apa yang harus dilakukan. Kalau menunggu mereka, biasanya mereka dalam keadaan kalut atau sedih sekali, sehingga tidak bisa berpikir rasional atau memberikan arahan yang jelas. Beberapa malah akan terguncang untuk beberapa hari pertama. Langsung kirim makanan, persediaan barang, luangkan waktumu untuk mendampingi mereka, sampai kumpulkan sumbangan uang. Kalau bisa, ajak semua teman-teman dekatnya untuk mendampinginya di beberapa hari sejak meninggalnya orangtuanya. Hari-hari pertama ini kritis sekali. Setelah beberapa lama waktu lewat dan mereka sudah agak tenang, ingatkan mereka bahwa orangtuanya tetap butuh doa dari anak-anaknya, dan hubungan antara anak dan orangtua nggak terputus hanya dengan kematian. Semua hal baik yang ia lakukan, orangtuanya akan menikmati hasilnya di alam sana, dan semua hal buruk yang ia lakukan, orangtuanya juga akan merasakan dampaknya.

7. Support untuk teman kantor atau organisasi

Untuk memberikan support kepada teman kantor atau organisasi kamu, langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah connect dengan social media mereka. Dari social media, kamu bisa mengamati apa hal-hal yang penting untuk mereka, apa mood mereka saat ini, dan kamu bisa menemukan apa yang bisa kamu support dalam kehidupan mereka. Kamu pun jadi tahu apa yang cocok untuk jadi bahan obrolan dengan mereka. Selain itu, kalau sempat, pastikan kamu selalu menghabiskan waktu dengan mereka di waktu lunch break untuk catch up dengan mereka. Kalau sudah lebih dekat lagi, baru deh usul kalian nongkrong bareng selepas jam kerja. Mendengarkan keluh kesah mereka dan membantu mereka memecahkan persoalan pekerjaan adalah dua hal yang paling penting untuk teman-teman kantor dan organisasi.

8. Support untuk temanmu yang terkena masalah keuangan

Di usia kamu yang masih muda ini tentu banyak teman-temanmu yang belum bisa mengatur keuangannya dengan baik. Ketimbang kamu terus-terusan memberikannya pinjaman, namun kamu selalu khawatir kapan ia akan mengembalikan uang kamu, lebih baik kamu mulai mengajak ia ngobrol tentang keuangan. Apa yang membuatnya selalu perlu meminjam uang, adakah pengeluarannya yang bisa di rem, adakah pekerjaan tambahan yang mungkin bisa ia lakukan untuk membuatnya mendapatkan tambahan uang? Ingatkan ia bahwa mungkin orang lain pun juga struggling dengan keuangan mereka, dan menjadi tanggung jawab setiap orang untuk mengatur sendiri keuangan mereka dengan baik. Ajari ia melakukan budgeting, atau mungkin cari tahu apa saja yang bikin ia boros dan selalu dampingi mereka ketika mereka mulai merasa sangat butuh untuk beli barang tersebut. Lalu, tahan dirinya dan ingatkan bahwa mereka nggak butuh-butuh banget. Kalau kamu masih boros juga, jangan ragu untuk membantu temanmu. Karena, apa yang kamu lakukan ke dirinya, akan menjadi pemicumu untuk juga menahan pengeluaran. Hope you guys inspire each other to be better financially ya!

9. Support untuk temanmu yang kesulitan mengatur hidupnya

Selain teman yang sulit keuangan, ada juga teman yang secara umum memang mereka kesulitan mengatur hidupnya. Uang sih tidak masalah, namun masalah lainnya, adaaa saja...Setiap ketemu, kamu selalu dengar masalah hidupnya yang macam-macam. Don’t leave them alone, because it’s usually a case of feeling lost. Sometimes, these people need a little direction in their life. Kalau kamu bisa memberikan sedikit arahan dalam kehidupan mereka, itu akan bisa membantu mereka banget. Show them a little inspiration and guidance here and there. Dan pastikan kamu memberikannya dengan tegas dan antusias untuk bisa menginspirasi mereka. Teman-teman kamu yang sulit mengatur hidupnya adalah sosok yang butuh ketegasan.

Media social telah sangat membantu efisiensi dalam dunia perdagangan. Namun, dalam dunia hubungan antar manusia, jadikan media social sebagai alat saja ya. Yang jauh lebih penting lagi adalah kamu harus tahu bagaimana memberikan support secara langsung kepada teman-teman kamu. Manusia adalah makhluk sosial yang sangat butuh support untuk membantu mereka bertahan hidup dan berkembang secara optimal. Make sure juga kamu selalu sincere dalam semua support yang kamu berikan. If you always give sincere support to others, you will always have sincere support from others. Yuk, kita buktikan, CeweQuat! 


0 Comment




Welcome to the community

CeweQuat adalah forum online dan komunitas perempuan. Di sini kamu tidak hanya berjejaring dengan ribuan perempuan hebat lainnya, namun juga dapat mengekspresikan karya - karyamu. Bergabunglah untuk menjadi perempuan berdaya!
  932
  26/03/2017

Top Member

Indy Sumaryo

33
Melita Rahmalia

26
Jastitah Nurpadmi

4
Ferni Annisa

3
Dyani Ayu Aisyah

2

NEWSLETTER