Home / Artikel / Others / Supporting Others 102: How to Show Support for Your Man

Supporting Others 102: How to Show Support for Your Man

by Melita Rahmalia Minggu, 23 Jul 2017 05:32 129 - Others

bg-reg

CeweQuat, terkadang cowok kamu membutuhkan support banget, namun mereka jarang mengungkapkannya atau kita kadang salah dalam cara kita untuk menunjukkan support kepada mereka. Manusia terkadang memberikan bantuan sesuai dengan apa yang ia inginkan. Namun, tahukah kamu bahwa ternyata lelaki membutuhkan jenis support yang sangat berbeda, lho, dengan perempuan? Seperti apa sih jenis support yang mereka butuhkan? Yuk simak di sini CeweQuat! 

1. Berhenti Menawarkan Bantuan, Tawarkan Kepercayaan Diri

Kamu pernah mendengar keluh kesahnya atau ceritanya? Jangan pernah menawarkan bantuan kepada lelaki, kecuali memang mereka sudah meminta-minta ke kamu dengan spesifik dan explisit. Kalau kamu menawarkan bantuan, mereka akan merasa seperti kamu berpikir mereka adalah lelaki yang tidak bisa menyelesaikan masalahnya sendiri. Jadilah perempuan yang suportif, namun suportif bukan berarti selalu helpful. Kadang suportif yang dibutuhkan oleh lelaki adalah kamu memberitahu kepada mereka bahwa kamu yakin mereka bisa banget handle apapun masalah yang ada di depan mereka. “Apapun masalah kamu saat ini, aku yakin kamu mampu mengatasinya. Dan aku selalu disini untuk nemenin kamu berjuang.” Dijamin kata-kata itu akan jauh membuat mereka semangat ketimbang berbagai tawaranmu untuk menyelesaikan masalah mereka. Di saat seluruh dunia memberi mereka masalah dan menurunkan kepercayaan diri mereka, jadilah kamu seorang yang memberinya kekuatan untuk memecahkan semua masalah mereka dan meningkatkan kepercayaan diri mereka. Bagaimana caranya? Dengan selalu memberitahu mereka bahwa kamu yakin banget mereka pasti bisa menyelesaikan masalah mereka.

2. Tugasmu Adalah Jadi Cheerleader #1

Bagaimana cara memberikan mereka kepercayaan diri? Sebagai pasangannya, tugas kamu adalah jadi cheerleader dia yang paling utama, fan nomor satu, dan pendukung terbesarnya. Rayakan kemenangan-kemenangannya, dukung dia saat dia butuh dukungan, dan be there for him when he needs you. Cheer him up when he’s sad. Di saat dia sedang down, kamu malah memberikan pengalaman yang membuatnya have fun banget, yang sangat membantunya melupakan kesedihannya. Dengarkan ia ketika ia memberikan masukan. Hormati keputusan-keputusannya, dan dukung kegiatan-kegiatan yang ia lakukan. Pastikan dia tahu bahwa apapun yang ia lakukan, selama itu adalah hal yang baik, kamu akan selalu menjadi cheerleadernya yang pertama. Yuk, cobain deh. Pasti dia akan sangat senang.

3. Berikan Ruang Yang Cukup

Seorang lelaki ketika ditimpa masalah cenderung butuh ruang untuk menyelesaikan masalahnya sendiri. Dia bukan perempuan yang senang bercerita ke sana ke mari dan mengajak semua orang membahas masalahnya untuk membantunya. Jadi, jangan heran kalau ia sering sekali diam saja ketika ada masalah ya. Itu bukan karena ia tidak percaya dengan kamu, namun hanya karena ia adalah seorang lelaki. Tunjukkan supportnya kamu kepada dia dengan memberikan ruang yang cukup untuknya. Cari kesibukan sendiri atau atur janji ketemuan dengan teman-teman perempuanmu. Jangan ganggu dia dengan kirim pesan yang bertubi-tubi untuk mengecek keadaannya. Secukupnya saja untuk menunjukkan bahwa kamu peduli dan akan tetap ada jika ia membutuhkan kamu. Ketika seseorang yang kita cintai sedang ingin fokus menghadapi masalahnya, yang bisa kita lakukan adalah get out of their way. Don’t give them another “to-do” list. Nanti ketika dia sudah merasa lebih tenang, maka ia pun akan mencari kamu. Sometimes a space is really good for your relationships.

4. Appreciate Every Little Thing He Does

Semua lelaki di dunia butuh satu hal yang jarang sekali sebenarnya ia akui: senyum penuh kepuasan dan kesenangan di wajah perempuan yang ia sayangi. Maka setiap senyum di bibir kamu ketika ia melakukan hal yang menyenangkan kamu, it really means the world for him. That’s the stuff he lives for. Apresiasi kamu ketika ia melakukan hal yang kamu sukai adalah “makanan” untuk jiwanya. Jadi, kalau kamu sebal dengan sikapnya, jangan protes dan marah-marah ya. Pastikan saja kamu selalu memujinya dan mengungkapkan kesenangan kamu ketika ia melakukan sesuatu yang benar dengan sikapnya. Dijamin ia akan berusaha  terus bagaimana caranya membuat kamu lebih senang lagi. Mau coba?

5. Say No to Criticism

Say no to criticism, because men rarely listen to critics anyway! Ketika seluruh dunia sudah memberikan dia kekhawatiran, masalah, dan kritikan, kamu akan jadi surga kecilnya di dunia ketika kamu jadi satu-satunya yang menawarkan tempat aman dan nyaman untuk dia menjadi dirinya sendiri. Menawarkan penerimaan dirinya yang sepenuhnya, di mana kamu menghargai dan mengakui semua kelebihannya dan tidak mengkritik kekurangan-kekurangannya terus menerus, adalah satu bentuk support yang sangat dibutuhkan oleh semua lelaki di dunia. Dan percaya deh kalau ia lelaki yang baik, ketika kita menawarkan tempat aman dan nyaman untuk menjadi dirinya sendiri, maka hal tersebut akan memberinya inspirasi untuk bertransformasi menjadi lelaki yang lebih baik lagi. 


0 Comment




Welcome to the community

CeweQuat adalah forum online dan komunitas perempuan. Di sini kamu tidak hanya berjejaring dengan ribuan perempuan hebat lainnya, namun juga dapat mengekspresikan karya - karyamu. Bergabunglah untuk menjadi perempuan berdaya!
  932
  26/03/2017

Top Member

Indy Sumaryo

33
Melita Rahmalia

26
Jastitah Nurpadmi

4
Ferni Annisa

3
Dyani Ayu Aisyah

2

NEWSLETTER