Home / Artikel / Others / Cara Supaya Kamu Selalu Punya Uang Untuk Disisihkan Jadi Tabungan Masa Depan!

Cara Supaya Kamu Selalu Punya Uang Untuk Disisihkan Jadi Tabungan Masa Depan!

by Diah ekawati yuliasari Minggu, 30 Jul 2017 17:17 185 - Others

bg-reg

Hasil gambar untuk menabung

Gilrs, ada tips-tips menabung yang patut kamu coba, selagi masih muda! Setelah membaca ini, bulatkan tekad, rapatkan barisan, ayo nabung!

Menabunglah di Tanggal Gajian. Jangan Tunggu Sampai Ada Sisa di Akhir Bulan, Karena Akui Saja, Belum Tentu Uangmu Akan Sisa.

Setiap kali menerima uang gaji atau uang bulanan dari orangtua, selalu sisihkan uang yang harus kamu tabung di awal. Jangan tunggu sisa pemakaian selama satu bulan, karena akuilah, belum tentu uangmu itu akan bersisa. Selalu saja ada pengeluaran keinginan tak terduga yang membuatmu jadi berlaku konsumtif dan boros.

Ini strategi yang bisa kamu terapkan: tentukan berapa nominal minimal yang harus kamu tabung, lalu gunakan isanya untuk keperluanmu sehari-hari. Bisa juga kamu buat perkiraan kebutuhan biayamu selama satu bulan, lalu masukkan sisanya ke dalam rekening tabunganmu.

Nominal yang kamu tabung juga harus disesuaikan dengan kebutuhan bulananmu.  Pembagian antara uang tabungan dan keperluan sehari-hari yang kurang bijak justru bisa membuatmu mengusik uang yang tadinya sudah kamu simpan di tabungan. Entah karena kamu merasa terlalu pelit pada dirimu sendiri bulan ini, entah karena kamu terlalu prihatin lalu jatuh sakit. Selalu gunakan akal sehatmu, ya.

Gunakan Fasilitas Autodebit dari Bank. Setiap Terima Gaji, Kamu Akan Otomatis Menabung!

Awal bulan setelah menerima gaji memang penuh dengan godaan. Tak jarang, euforia merayakan hari gajian membuatmu lupa untuk menabung. Akibatnya, baru dua hari gajian, uangmu sudah terpakai banyak! Nah, jika kamu sering mengalami permasalahan seperti ini, maka jangan ragu untuk menggunakan sistim auto deit di rekening bankmu. Setiap kali uang gajimu masuk ke dalam rekeningmu, maka secara otomatis uang gajimu akan terkirim ke rekenaing tabunganmu. Lebih praktis dan lebih aman!

Tetapkan Pecahan Uang Rupiah Tertentu (Rp. 5.000, Rp. 20.000) Sebagai Lembaran Uang yang Harus Kamu Simpan

Cara unik dari pembaca ini bisa juga kita terapkan. Fokus menyimpan uang pecahan tertentu bisa menjadi alternatif menabung yang mudah. Setiap kali mendapatkan uang pecahan 20.000 atau 5.000, langsung sisihkanlah uang itu untuk ditabung. Agar tidak terlalu berat, lakukan saja ini satu kali dalam sehari.

Jumlah uang yang pas — tak terlalu kecil dan tak terlalu besar — yang kamu tabung setiap harinya akan membuat simpananmu cepat gendut. Kamu juga mungkin akan merasa lebih seperti “main-main” daripada sedang menabung, sehingga usaha menabungmu akan terasa lebih ringan.

Cerdas Kelola Uangmu. Catat Selalu Kemana dan Untuk Apa Saja Kamu Menggunakan Uangmu.

Catat dan monitori baik-baik semua transaksi keuangan yang kamu lakukan selama satu bulan. Seperti tips yang diberikan oleh pembaca di atas, kamu bisa melakukan monitoring terhadap pengeluaran uangmu dengan menggunakan cara manual atau menggunakan aplikasi pengaturan keuangan yang bisa kamu unduh melalui ponsel pintarmu.

Dengan mencatat dan memonitor semua kegiatan keuanganmu, kamu jadi bisa membuat anggaran uang tabungan dan kebutuhan sehari-hari. Tak hanya itu, kamu juga bisa tahu pemborosan apa yang sudah kamu lakukan, sehingga kamu tahu apa saja yang harus kamu hemat. Memonitor segala kegiatan keuangan bisa membuatmu tahu seberapa borosnya dirimu, sehingga kamu bisa jadi lebih bijak lagi dalam menggunakan uangmu.

Buatlah Anggaran Pengeluaran Per Hari Dengan Rinci. Jangan Langgar Peraturanmu Sendiri.

Merencanakan anggaran pengeluaran setiap hari adalah langkah mudah untuk mengontrol seberapa banyak kita belanja. Kamu tak akan belanja barang-barang yang tidak perlu karena itu akan membuatmu mengeluarkan uang melebihi batas anggaranmu. Alhasil, kamu pun akan terhindar dari perbuatan boros yang selama ini selalu menggagalkan rencanamu untuk menabung.

Kuncinya adalah selalu mematuhi anggaran yang kamu buat sendiri ini. Ingat, sekali saja kamu melanggarnya, semakin mudah pula bagimu untuk melanggar lagi kali kedua atau ketiga. Jadi jangan sekali-kali anggap remeh patokan anggaran pengeluaranmu ini.

Dari beberrapa tips hemat dan menabung diata, mana yang paling cocok di kamu girls? Selamat mencoba!

Source: Hipwee.com

 





0 Comment




Welcome to the community

CeweQuat adalah forum online dan komunitas perempuan. Di sini kamu tidak hanya berjejaring dengan ribuan perempuan hebat lainnya, namun juga dapat mengekspresikan karya - karyamu. Bergabunglah untuk menjadi perempuan berdaya!
  959
  26/03/2017

Top Member

Indy Sumaryo

33
Melita Rahmalia

31
Jastitah Nurpadmi

4
Ferni Annisa

3
Sausa Monica

2

NEWSLETTER