Home / Artikel / Others / Maksimalkan LinkedIn untuk Karier

Maksimalkan LinkedIn untuk Karier

by Gian Tiara Sabtu, 12 Aug 2017 00:35 117 - Others

bg-reg

Siapa yang tak kenal LinkedIn? Popularitasnya sekarang tidak kalah dengan jejaring sosial terdahulu (Facebook, Twitter, Instagram). Platform ini biasanya dikenal sebagai jejaring sosial yang dimanfaatkan para professional dan perusahaan untuk melakukan branding.  CeweQuat sudah punya juga?

Seiring berjalannya waktu, LinkedIn tak hanya mencakup ranah profesional saja melainkan sudah merambah ke semua kalangan baik karyawan, jobseeker, sampai mahasiswa.

Dikutip dari tempo.co, pengguna jejaring profesional LinkedIn kini mencapai 500 juta di seluruh dunia. Di Asia Tenggara, penggunanya mencapai 22 juta orang dan di Indonesia sendiri digunakan 8 juta orang. Dengan jumlah pengguna mencapai 8 juta orang, Indonesia menjadi negara pendorong pertumbuhan terbesar di Asia tenggara. Melihat data tersebut bisa dikatakan LinkedIn menjadi salah satu jejaring sosial yang mulai digemari.

Lalu apa sajakah manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan memiliki jejaring sosial yang satu ini? Simak langkah-langkahnya ya, CeweQuat.

Personal Branding dengan Profil Profesional

Personal branding adalah sebuah pembeda antara seorang yang satu dengan yang lainnya. Dalam dunia profesional maupun bisnis, personal branding bisa jadi sangat berpengaruh dalam rekrutmen pekerjaan.

LinkedIn menjadi salah satu jejaring social yang memberikan layanan bagi penggunanya untuk membangun profil diri . Seluruh data diri, foto, curriculum vitae, resume, dan lain-lain dapat Anda muat di LinkedIn, jadi jangan sungkan untuk mempromosikan diri Anda dengan menaruh seluruh keahlian dan pengalaman yang Anda miliki, karena bisa dikatakan LinkedIn adalah CV online.

Dengan adanya informasi yang detail tentang diri Anda, maka akan memudahkan pihak perusahaan mengecek tentang diri Anda secara online. Hal ini tentu saja mempermudah proses perekrutan.

Memperluas Networking

Tidak dipungkiri, adanya jejaring soSial LinkedIn mempermudah orang dalam memperluas jaringan. LinkedIn membantu Anda untuk berinteraksi dengan semua orang di seluruh dunia, terhubung dengan profesional dan mungkin dapat berteman dengan teman lama yang dapat diajak untuk bekerja sama.

Koneksi merupakan salah satu faktor penting dalam kesuksesan seseorang. Dengan LinkedIn, Anda dapat mengetahui profesi seseorang, tahu di mana letak sebuah perusahaan serta dapat mengetahui orang-orang yang memiliki ketertarikan atau bekerja di bidang yang sama dengan Anda.

Mempermudah Melamar Pekerjaan

Tidak menjadi rahasia lagi bahwa LinkedIn dapat mempertemukan Anda dengan pekerjaan, karena salah-satu keunggulan yang dimiliki oleh LinkedIn adalah fitur yang dapat digunakan untuk mencari pekerjaan. Hanya dengan satu kali klik, Anda dapat langsung melihat sederet lowongan pekerjaan dari berbagai perusahaan baik yang besar atau kecil.

Tak jarang pula eksekutif perusahaan yang memiliki akun LinkedIn dan memanfaatkannya untuk merekrut karyawan melalui LinkedIn. Perusahaan menjadikan profil professional sebagai referensi untuk tahap interview, oleh karena itu penting bagi Anda untuk memperbarui profil di LinkedIn.

Wah banyak sekali manfaat yang dapat Anda dapat dengan memiliki LinkedIn. Yuk, buat dan sebar profil profesional dan keahlian Anda di jejaring karier di LinkedIn sekarang juga, CeweQuat!

 

source by: entrepreneurhub.id 


0 Comment




Welcome to the community

CeweQuat adalah forum online dan komunitas perempuan. Di sini kamu tidak hanya berjejaring dengan ribuan perempuan hebat lainnya, namun juga dapat mengekspresikan karya - karyamu. Bergabunglah untuk menjadi perempuan berdaya!
  955
  26/03/2017

Top Member

Indy Sumaryo

33
Melita Rahmalia

31
Jastitah Nurpadmi

4
Ferni Annisa

3
Dyani Ayu Aisyah

2

NEWSLETTER