Home / Artikel / Self / Say Goodbye to Boros! (Part 2)

Say Goodbye to Boros! (Part 2)

by Melita Rahmalia Rabu, 26 Jul 2017 02:37 192 - Self

bg-reg

CeweQuat, apakah kamu sering merasa bersalah karena tahu kamu boros? Kesulitan membedakan antara mana yang butuh dan mana yang kepengen? Sudah pengen menabung dari lama tetapi selalu gagal? Atau merasa selalu kehabisan uang di akhir bulan? Atau merasa sepertinya walaupun dengan gaji yang sepertinya cukup, kamu merasa selalu kekurangan? Pernahkan kamu terjebak dalam utang yang nggak tahu bagaimana bayarnya? Di artikel ini, kamu akan diajak mengenal 2 perempuan keren dari Indonesia yang sudah menulis buku tentang pengaturan keuangan untuk perempuan. Yuk, simak, apa saja nasihat dari mereka!

Nasihat dari Prita Hapsari Ghozie

Prita Hapsari Ghozie adalah konsultan keuangan, pemilik ZAP Finance, penulis dan pengajar. Ia juga sudah menulis buku berjudul Make It Happen: Buku Pintar Rencana Keuangan dan Menjadi Cantik, Gaya, dan Tetap Kaya. Rutin menulis di blognya pritaghozie.com, banyak ide-ide pengaturan finansial yang bisa kamu dapatkan dari Prita Ghozie.

Salah satunya adalah beberapa kiat-kiat mengatur pos pengeluaran kamu begitu mendapatkan gaji. Prita menyarankan bahwa setelah mendapatkan gaji, sebaiknya langsung alokasikan 5 % pendapatan kamu untuk dana darurat dan 5 % pendapatan kamu untuk investasi masa depan. Setelah itu, langsung catat semua pengeluaran rutin kamu, diantaranya: cicilan, tagihan wajib, uang makan, transport, hiburan dan akhir pekan, sedekah dan social. Kemudian, ambil uang tunai untuk 7 hari ke depan. Salah satu nasihat dari Prita adalah untuk selalu membayar gaya hidup kamu dengan kartu debit. Setidaknya, jangan sampai ngutang.

Mengenai pembagian proporsi anggaran, Prita menyarankan sebagai berikut: Zakat 2.5 %, Asuransi 5 %, Present Consumption max 60 %, Future Spending 10 %, dan Investment 15 %. Lebih sederhananya lagi, ia meminta kita mengkategorikan pengeluaran kita sebagai Living (biaya hidup saat ini), Saving (cadangan investasi, biaya masa depan) dan Playing (keinginan). Living biasanya mencapai 50 %, Saving sampai 30 % dan Playing maksimal 20 %.

Nasihat dari Ligwina Hananto

Ligwina Hananto adalah CEO QM Financial yang kerap tampil di berbagai event dan mengisi berbagai seminar tentang perencanaan keuangan. Ia juga sudah menulis buku tentang pengaturan keuangan, yaitu Untuk Indonesia Yang Kuat : 100 Langkah Untuk Tidak Miskin dan Plan Now! 5 Tahap Terencana Mencapai Kebebasan Finansial.

Dalam salah satu wawancaranya, Ligwina mengungkapkan beberapa nasihat keren yang penting untuk kamu lakukan. Untuk memulai pengaturan keuangan, pastikan kamu tahu pengeluaran rutin kamu apa saja. Hal ini penting supaya kamu tidak mengambil cicilan produk yang terlalu besar atau menjalani gaya hidup yang belum pantas kamu jalani. Lalu tentukan proporsi anggaran yang tepat untukmu. Jangan lupa untuk bersikap fleksibel, khususny untuk pengeluaran lifestyle kamu, kalau ingin target tabungan yang telah dianggarkan terus tercapai.

Ketika berbelanja, pilihlah barang yang nilainya pas dan sesuai dengan keperluan. Sebisa mungkin, buat catatan dan daftar belanja dan jangan beralih dari daftar meskipun ada tawaran diskon yang menggiurkan. “Belanja adalah ilmu mengambil keputusan,” ujarnya.

Selain itu, penting juga anak muda menabung, karena kebiasaan menabung ini bisa membentuk karakter yang baik. “Kebiasaan menabung sebelum membeli melatih self control. Kita jadi terlatih untuk bikin prioritas. Menabung adalah latihan yang harus dilakukan terus menerus,” ujarnya.

Untuk keuangan yang lebih baik, Ligwina juga menyarankan agar anak-anak muda rajin-rajin juga mencari peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan. 


0 Comment




Welcome to the community

CeweQuat adalah forum online dan komunitas perempuan. Di sini kamu tidak hanya berjejaring dengan ribuan perempuan hebat lainnya, namun juga dapat mengekspresikan karya - karyamu. Bergabunglah untuk menjadi perempuan berdaya!
  957
  26/03/2017

Top Member

Indy Sumaryo

33
Melita Rahmalia

31
Jastitah Nurpadmi

4
Ferni Annisa

3
Mona Sarito Siagian

2

NEWSLETTER