Home / Artikel / Self / Cara Mengenali Emosi Dan Mengontrol Sifat Pemarah

Cara Mengenali Emosi Dan Mengontrol Sifat Pemarah

by Nadya Nur Arifah Minggu, 30 Jul 2017 23:48 237 - Self

bg-reg

Dilansir dari isigood.com ( March 6th, 2015 ). Sifat pemarah, jenis emosi yang melekat pada diri seseorang akan sering membuatnya kehilangan akal dan kewaspadaan. Dia mungkin merasa ketika marah maka dirinya akan semakin kuat dan lega, namun justru di saat kemarahannya meluap-luap, dia akan mulai kehilangan akalnya.

Ada beberapa macam karakter pemarah dalam diri seseorang, yaitu:

  1. Orang yang berenergi tinggi mudah marah. Orang ini mudah bereaksi karena metabolismenya cepat dan sulit mengendalikan desakan emosinya.

  2. Orang yang hatinya dipenuhi oleh kemarahan akibat rasa ketakutan pengalaman masa lalu yang penuh kepahitan dan ketidakadilan. Orang ini mudah tersinggung karena perasaannya peka.

  3. Orang yang karakternya cenderung negatif, misalnya tidak suka mengalah, mengharapkan orang untuk senantiasa mengikuti kehendaknya, atau egois.

Kadang sifat pemarah dikaitkan dengan sikap tegas dan tidak memaafkan. Memang sebagian kemarahan muncul akibat kesulitan kita untuk memaafkan dengan balutan ketegasan. Namun terkadang ada sebagian kemarahan yang tidak berhubungan dengan pemberian maaf.

Saran bagi Anda yang mempunyai masalah dengan mengontrol rasa marah dan emosi yang mudah terpancing naik:

  1. Kenalilah kondisi-kondisi yang mudah mencetuskan kemarahan, misalnya tubuh yang letih, udara yang panas, atau ketidaksukaan yang terpendam, dan lain-lain.

  2. Kenalilah sikap orang yang mudah memancing kemarahan, misalnya sikap tidak peduli, meremehkan komitmen, menganggap remeh janji, tidak menghargai orang lain, dan sebagainya.

  3. Kenalilah fase dalam diri Anda ketika reaksi marah sebelum muncul dan akuilah itu sebagai permulaan dari kemarahan yang akan menjadi-jadi bila tidak dikontrol dan didinginkan dengan penuh kesadaran.

  4. Belajar bersabar, berlatih menunda untuk sementara waktu, jangan terpancing untuk menyelesaikannya pada saat itu juga.

  5. Latih penguasaan diri melalui pernapasan panjang nan halus disertai dengan berdoa dan rasa syukur.

  6. Tempatkan diri pada diri orang yang akan marahi, dan lihatlah masalah dari cara pandangnya  atau kacamata logikanya.

  7. Boleh mulai bicaralah setelah diri Anda tenang dan rileks, jangan mencari ketenangan diri melalui pelampiasan kemarahan.

  8. Jaga pola makan dan lakukan pola hidup sehat, ketika menyadari Anda adalah termasuk golongan mudah marah atau mudah naik emosinya.
  9. Ingatlah trilogi kemarahan, ketika feeling atau rasa marah bisa dikontrol, maka akal sehat (thinking) tetap terjaga dan sikap Anda (behavior) akan semakin bijak.




0 Comment




Welcome to the community

CeweQuat adalah forum online dan komunitas perempuan. Di sini kamu tidak hanya berjejaring dengan ribuan perempuan hebat lainnya, namun juga dapat mengekspresikan karya - karyamu. Bergabunglah untuk menjadi perempuan berdaya!
  959
  26/03/2017

Top Member

Indy Sumaryo

33
Melita Rahmalia

31
Jastitah Nurpadmi

4
Ferni Annisa

3
Sausa Monica

2

NEWSLETTER