Home / Artikel / Self / 7 Cara Ini Bisa Bikin Kamu Lebih Hemat

7 Cara Ini Bisa Bikin Kamu Lebih Hemat

by Melita Rahmalia Minggu, 03 Sep 2017 19:54 269 - Self

bg-reg

Kamu merasa sulit sekali untuk menabung? Nggak cuma kamu, banyak sekali yang juga kesulitan untuk bisa menabung. Nah, salah satu kunci untuk bisa menabung adalah, hidup lebih hemat. Mau tahu bagaimana caranya lebih hemat? Inilah kebiasaan-kebiasaan yang bisa membantu kamu untuk hidup lebih hemat!

1. Belajar Budgeting

Budgeting adalah skill yang penting banget untuk kehidupanmu. Dengan penghasilanmu, berapakah yang bisa kamu keluarkan untuk masing-masing pos pengeluaranmu? Ini perlu kamu rencanakan dengan rasional. Biasanya, kita simply nggak bisa hemat karena memang sebelumnya tidak merencanakan batas pengeluaran kita. Jadi, bagaimana kita bisa mengerem kalau kita belum tentukan garis batasnya? Yuk, biasakan memberlakukan budgeting untuk keuangan kita sehari-hari.

2. Biasakan Riset Harga Terlebih Dahulu

Suatu ketika, si dia mengajakmu ke tempat yang dia inginkan. Namun, ternyata harga masuk tempatnya jauh lebih mahal dari yang diperkirakan. Si dia lupa meriset terlebih dahulu dan ternyata lagi, bisa dibeli tiket yang lebih murah lewat online. Nah, karena sudah tidak ada waktu lagi dan kepepet, terpaksa kalian harus beli tiket dengan harga yang normal. Walaupun, sebenarnya, bisa lebih menghemat kalau melakukan riset terlebih dahulu. Sikap lupa riset harga inilah yang membuat kita sering harus mengeluarkan lebih banyak uang daripada yang seharusnya bisa kita keluarkan.

3. Bawa Botol Minum dari Rumah

Nyadar nggak sih, bahwa harga minuman di restoran biasanya mempunyai margin keuntungan yang begitu besar? Nah, kalau sudah menyadari ini, biasakan membawa botol minum dari rumah ketika beraktivitas ya. Kamu bisa isi dengan air putih atau minuman lain kesukaan kamu seperti teh atau kopi. Dijamin kamu bisa lebih hemat ketika sedang makan di luar.

4. Biasakan Merencanakan Harimu

Kalau tidak terbiasa merencanakan apa saja yang akan kamu kerjakan dan yang memerlukan uang, tidak ada rem dalam dirimu untuk menentukan batas pengeluaran hari itu. Mempunyai rencana yang baik juga akan membantu kamu untuk lebih punya banyak pilihan. Misalnya, kamu jadi bisa naik kendaraan yang lebih murah kalau kamu bisa mengatur waktumu dengan baik dan tidak terburu-buru karena sudah telat.

5. Tingkatkan Kontrol dan Disiplin Diri

Kalau sudah mempunyai budgeting yang jelas, rencana kegiatan dan pengeluaran yang sudah diatur sedemikian rupa, masih ada satu hal lagi yang kamu butuhkan: meningkatkan kontrol dan disiplin dirimu. Nah, ada satu hal yang perlu kamu garisbawahi disini. Tidak peduli seberapa pintar dan baiknya dirimu, sebagai manusia, kamu akan rentan dengan perasaan ingin melakukan hal sesuai dengan kemauan kamu, bagaimanapun keadaannya. Satu cara yang akan menjaga kontrol dan disiplin dirimu adalah: terapkan penjagaan terhadap godaan. Maksudnya disini, kalau sudah menetapkan jumlah pengeluaran, jangan goda dirimu sendiri dengan terlalu banyak lihat online shop dan akun Instagram belanja, sering-sering pergi ketemuan sama teman di mall, dan lapar mata lihat berbagai makanan atau barang-barang lucu yang kamu lihat ketika lagi jalan. Kurang-kurangilah atau jauhi hal-hal yang bisa membuat dirimu lepas kontrol.

6. Lebih Kreatif

Cara ini akan menuntut kamu untuk selalu berpikir ulang lagi, bagaimana caranya kamu bisa melakukan sesuatu dengan lebih hemat atau berpikir ulang lagi, bagaimana caranya menekan pengeluaran di area ini? Misalnya saja kamu tetap ingin bertemu dengan teman-temanmu tanpa harus menghabiskan ratusan ribu terus menerus di kafe. Kenapa tidak come up with ideas and schedule for a routine sleepover di rumah kamu atau teman-temanmu? Tinggal beli makanan snack yang murah dan setel streaming TV show di laptop kamu. Atau belajar memasak kepada ibu kamu sehingga kamu bisa menyiapkan sebagian besar makan siangmu sendiri. Kamu pun nggak usah repot keluar uang banyak di saat makan siang di kantor.

7. Tulis Semua Pengeluaran

Last but not least, menulis semua pengeluaran kamu selama sebulan penuh akan membuat kamu bisa melihat secara jelas, dimana pengeluaran terbesar berada. “Kantong-kantong” yang bocor inilah yang perlu kamu stop langsung kebocorannya. Misalnya, ternyata kamu mengeluarkan uang yang besar sekali untuk biaya delivery GOFOOD. Mungkin itu artinya kamu harus lebih sering lagi beli makanan di tempat yang dekat dan bisa kamu capai dengan jalan kaki. 


0 Comment




Welcome to the community

CeweQuat adalah forum online dan komunitas perempuan. Di sini kamu tidak hanya berjejaring dengan ribuan perempuan hebat lainnya, namun juga dapat mengekspresikan karya - karyamu. Bergabunglah untuk menjadi perempuan berdaya!
  957
  26/03/2017

Top Member

Indy Sumaryo

33
Melita Rahmalia

31
Jastitah Nurpadmi

4
Ferni Annisa

3
Mona Sarito Siagian

2

NEWSLETTER