Home / Artikel / Self / Dari Sini Kamu Bisa Tahu Bakatmu!

Dari Sini Kamu Bisa Tahu Bakatmu!

by Melita Rahmalia Minggu, 03 Sep 2017 20:01 209 - Self

bg-reg

CeweQuat, apakah kamu sering bingung jika ditanya apa bakatmu? Apa yang ingin kamu pelajari dan fokuskan lebih lanjut? Nah, berikut langkah-langkah yang bisa kamu ambil untuk mengetahui apa saja bakatmu!

Bakat adalah kemampuan natural yang ada di dirimu. Sesuatu yang terasa mudah sekali kamu lakukan, yang sebenarnya hal tersebut tidak mudah untuk dilakukan oleh orang lain. Selain mudah untuk kamu lakukan, kamu juga kerap dipermudah dalam melakukan hal tersebut. Kesempatan-kesempatan melakukan hal tersebut sering kamu dapati dalam keseharianmu. Entah karena kamu lebih mudah menawarkan diri dalam melakukan hal itu, ataupun karena orang lain yang suka menawarkan pekerjaan tersebut. Syarat lainnya untuk bakat adalah, kamu merasa bahwa ketika melakukan hal itu, ada rasa bahagia dan puas. Kamu seakan-akan tidak bisa memikirkan bahwa kamu akan merasa bosan jika melakukan hal itu.

Kalau kamu masih belum peka apa bakatmu, coba cek hal-hal berikut.

1. Prestasimu

Di waktu sekolah dulu, kompetisi seperti apa saja yang pernah kamu menangkan? Prestasi apa saja yang menurutmu adalah prestasi terbaikmu? Apakah kamu pernah menjadi finalis dalam lomba pidato? Artinya mungkin kamu berbakat dalam public speaking, CeweQuat. Apakah kamu sering memenangkan lomba menulis essay? Nah, ada kemungkinan kamu berbakat dalam hal riset akademis ataupun dalam hal menulis. Yuk, kamu ingat-ingat lagi. Hal itu akan membantumu untuk menentukan apa bakatmu.

2. Hal-hal yang kamu lakukan di waktu luang

Kalau kamu tidak punya prestasi, atau memang jarang sekali ikut berkompetisi ketika sekolah dulu, coba telaah lagi, hal-hal apa yang suka kamu lakukan di waktu luang. Apakah kamu suka belajar coding, HTML, CSS? Nah, kamu kelihatannya ada bakat untuk menjadi seorang web desainer yang handal atau bekerja di dunia Internet. Apakah kamu suka ngobrol dengan teman-teman di saat weekend dan mendengarkan curhatan masing-masing orang? Wah, bisa berarti itu adalah tandanya kamu punya bakat menjadi psikolog atau konselor. Kamu suka ngumpul dan berorganisasi di waktu luang, dan kerap dipilih sebagai project manager? Wow, itu bisa menjadi pertanda kamu punya bakat sebagai leader dan manager, lho, CeweQuat.

3. Ketertarikan kamu terhadap suatu hal tertentu

Coba deh kamu ingat-ingat lagi, apakah kamu selalu tertarik dengan suatu hal tertentu? Misalnya, suka banget dengan segala hal yang berbau fashion and beauty dan rajin banget baca-baca dan cari tahu blog dan media fashion and beauty di dunia. Mungkin artinya kamu punya bakat untuk bekerja sebagai make up artist, fashion stylist, bekerja di perusahaan fashion dan beauty, atau fashion and beauty writer. Kalau kamu suka banget nongkrong di toko buku dan baca buku, mungkin kamu perlu mengeksplorasi lagi bakat menulis kamu dan mengasahnya dengan lebih baik dan serius.

4. Pujian Orang

Terakhir, perhatikan komentar dari orang-orang sekitarmu, khususnya mereka yang mengenal kamu dengan dekat. Apakah mereka sering memberi pujian kepada hal yang terasanya biasa saja untuk dirimu? Misalnya, kamu sering sekali mendapat pujian bahwa kamu “kreatif”. Padahal, kamu merasa tidak pernah berusaha keras mencari ide kreativitas yang berbeda. Nah, bisa jadi itulah tandanya kamu memang punya bakat bekerja di dunia yang menuntut kreativitas. Atau malah orang sering memuji kamu sebagai orang yang pintar memecahkan masalah dan cepat nyambung jika membahas masalah uang dan angka? Ada indikasi kamu cocok di bidang-bidang keuangan, misalnya sebagai auditor, kerja di bank, akuntansi, ataupun sebagai perencana keuangan. Bagaimana jika orang hanya memuji tentang sifat-sifat kamu? Misalnya kamu sering mendengar mereka suka memujimu sebagai orang yang suka menolong atau murah hati? Ini bisa juga menjadi pertanda, CeweQuat. Artinya kamu cocok di industri yang service-oriented, misalnya di dunia LSM, non-profit, ataupun profesi di dalam bisnis yang tugas utamanya adalah taking care of people or customers.

Kamu sudah mendapat gambaran? Nah, kalau kamu sudah mendapatkan gambarannya, pastikan bahwa kamu bisa menjaga dan terus mengembangkannya dengan baik ya, CeweQuat. Kamu harus sadar bahwa bakat adalah hadiah dari Tuhan dan harus digunakan untuk hal-hal yang baik. Jangan sampai bakat kamu sia-siakan sendiri, tidak kamu penuhi potensialnya, atau malah kamu gunakan untuk hal-hal yang kurang baik atau merugikan orang lain. Have fun discovering your talents, CeweQuat!


0 Comment




Welcome to the community

CeweQuat adalah forum online dan komunitas perempuan. Di sini kamu tidak hanya berjejaring dengan ribuan perempuan hebat lainnya, namun juga dapat mengekspresikan karya - karyamu. Bergabunglah untuk menjadi perempuan berdaya!
  955
  26/03/2017

Top Member

Indy Sumaryo

33
Melita Rahmalia

31
Jastitah Nurpadmi

4
Ferni Annisa

3
Dyani Ayu Aisyah

2

NEWSLETTER